Cara Membuat Kolam Ikan Terpal Terlengkap!

Cara membuat kolam ikan terpal terlengkap. Sebenarnya sangatlah simple karna hanya butuh terpal dan penyangga agar terpalnya tetap kokoh dan tidak rubuh. Tapi apakah cara membuat kolam ikan terpal hanya sekedar memasang terpalnya saja?, tentu tidak! Karna ada beberapa cara agar kolam ikan terpal yang dibuat selain berfungsi dengan baik juga tahan lama dan tidak bocor. Adapun fungsi penggunaan kolam ikan terpal beragam, namun pada umunya banyak digunakan untuk budidaya ikan lele sangkuriang atau ikan lele dumbo, tapi ada juga yang menggunakan untuk beternak ikan hias, ikan nila dan lain sebagainya yang mampu hidup dalam kolam ikan terpal.

Sebelum menjelaskan membuat kolam ikan terpal ada beberapa pengetahun dan tips membuat kolam ikan terpal dapat berfungsi dengan baik dan tahan lama : 
  • Ukuran : Membuat kolam terpal ikan lele ada beberpa jenis ukuran yang bisa dipilih, yaitu ukuran (P x L x T) 4 x 5 x 1, 2 x 3 x 1, 4 x 8 x 1, 5 x 2 x 1,5 m tapi semuanya tetap tergantung selera dan ukuran luas lahan kolam ikan terpal yang akan dibuat. 
  • Rangka : Rangka kolam ikan terpal bermacam macam tergantung budget kolam atau jenis kolam yang akan dibuat. Ada yang menggunakan bambu, kayu glugu (batang pohon kelapa), rangka batako yang disusun sebagai penyangga terpal kolam dan rangka baja yang dilas atau diberi baut. Tapi untuk membuat kolam ikan terpal lele maupun ikan hias yang dibenamkan dalam tanah maka tidak perlu menggunakan penyangga karna langsung disandarkan di dinding lubang tanah. 
  • Jenis : Dalam membuat kolam ikan terpal secara umum ada 2 jenis yaitu, kolam terpal yang menggunakan rangka yang posisinya berada di atas permukaan tanah dan kolam terpal yang dibenamkan dalam tanah yang sebelumnya dibuat lubang. 
Bahan-Bahan dan Alat Membuat Kolam Ikan Terpal 
  1. Lokasi kolam yang terbuka 
  2. Rangka kolam (untuk kolam ikan terpal dipermukaan) berupa kayu, bamboo, atau baja. 
  3. Pengikat rangka kolam terpal berupa , tali, paku atau baut. Tapi khusus untuk kolam ikan terpal yang disangga dengan batu batako maka cukup disusun seperti menyusun batu merah untuk rumah dengna cara selang seling pada sisinya. 
  4. Terpal kolam ikan yang ukurannya disesuaikan dengan luas kolam 
  5. Tali untuk mengikat ujung terpal agar tidak turun ke dalam kolam ikan. Untuk yang tahan lama sebaiknya menggunakan tali nilon atau tambang plastic, jangan tali rapia. 
  6. Pipa lubang pembuangan pada pojok bawah terpal yang bisa dibuat dari potongan pipa atau dibeli langsung di toko bangunan. 
  7. Sekam atau gabah yang telah dibakar. Ini khusus yang membuat kolam ikan terpal gurami. Caranya ditaruh dibawah alas kolam terpal (bukan di dasar kolam) yang berguna menjaga suhu air pada kolam di malam hari. 
Langkah-Langkah Cara Membuat Kolam Ikan Terpal 
    cara membuat kolam ikan terpal cara membuat kolam ikan terpal rangkacara membuat kolam ikan terpal rangka baja
  1. Tempat untuk Membuat Kolam Ikan Terpal. Dalam membuat kolam ikan terpal baik yang dibenamkan atau yang di atas permukaan tanah, sebaiknya pada tanah tempat meletakkan kolam terpal dibuat cerukan kecil ditengahnya, memanjang atau bulat. Selain sebagai tempat mengalirkan air pada saat dikuras juga sebagai tempat berkumpulnya kotoran atau sisa makanan ikan, sehingga mudah dibersihkan. Lihat gambar contoh ceruk kolam ikan terpal di samping ; 
  2. Rangka untuk Membuat Kolam Ikan Terpal. Rangka yang digunakan jenisnya tentu sudah dipilih, jadi tinggal menyatukan saja sehingga membentuk seperti rangka kubus. Antar penggunaan paku dan tali untuk mengikat bagian-bagian rangka kolam terpal maka saya menyarankan menggunakan tali saja untuk menghindari sebeknya terpal karna tertusuk paku yang bisa menyebabkan kerugian. Sedangkan untuk rangka yang menggunakan baja sebaiknya jalan masuk baut dari dalam ke luar jangan sebaliknya karna akan mengakibatkan terpal kolam ikan bocor. Dan kalau pun dibuat sebaliknya dari luar ke dalam, maka sebaiknya panjang baut harus pas. Dan khusus untuk jenis kolam ikan terpal yang dibenamkan yang tidak menggunakan rangka, maka sebaiknya memeriksa dinding kolam jangan sampai ada benda tajam yang tertanam di tanah yang bisa menyebabkan kolam bocor.
  3. Terpal dalam Membuat Kolam Ikan Terpal. Pilihlah terpal yang berkualitas yaitu terpal kolam yang tebal dan tahan lama. Anda bisa mencarinya di pasar-pasar tradisional. Adapun cara-cara pemasangan terpal kolam adalah :
    cara membuat kolam ikan terpal tebal
  1. Jangan lupa bersihkan terlebih dahulu terpal yang baru dibeli secara berulang-ulang agar zat kimianya hilang tapi tanpa menggunakan sabun sama sekali. 
  2. Pada saat memasang terpal kolam tentu ada kelebihan di bagian sudutnya, caranya cukup dengan dilipat keluar mengikuti bentuk rangka, ingat jangan dilipat kedalam karna akan menjadi tempat tumbuhnya bakteri. 
  3. Ikat setiap sisi kolam terpal dengan menggunakan tali nilon yang lebih kuat agar tidak melorot. Cara mengikatnya sebaiknya diikat mati saja untuk menghindari ikatan kolam terlepas. 
  4. Jangan lupa pada saat pengisian air, posisi dan kerapian terpal terus diawasi agar tidak bergeser atau mungkin ada yang belum rapi bisa dirapikan lagi. 
Demikian cara membuat kolam ikan terpal terlengkap yang bisa saya bagi dan jika ada saran yang menyangkut pembuatan, tips atau mungkin kritikan dari cara membuat kolam ikan terpal terlengkap ini silahakan berkomentar di bawah.

Baca juga cara membuat lainnya :
  1. Cara Membuat Kolam Ikan Terpal Terlengkap
  2. Cara Membuat Kolam Ikan Terpal Batako
  3. Cara Membuat Kolam Ikan Koi Sempurna 
Baca Juga cara membuat : 

Cara Membuat Blog Blogspot di Blogger Terlnegkap
Cara Membuat Blog Jadi Menarik
Cara Membuat Blog Ranking 1 Di Google
4 Cara Membuat Blogspot Jadi Dot Com. Ada 2 cara :
  1. Cara Membuat Settign Domain Dot Com Ke Blogspot
  2. Cara Membuat Setting Blogspot jadi Dot Com
Baca juga :
  1. Cara Membuat Donat Mengembang dan Empuk
  2. Cara Membuat Donat Berlubang Sempurna dan Rata
  3. Cara Membuat Donat Kentang dan Rahasianya
  4. Cara Membuat Donat J.Co Mirip Persis!
  5. Cara Membuat Knalpot Bersuara Halus