Maaf Jika Nenek "Fuck You" Tersinggung

Tulisan saya ini menanggapi kritikan dari sahabat saya di kompasioner, yang menyatakan keberatan jika gambar seorang nenek yang lugu ini dengan mengacungkan jari tengah yang orang Amerika sana biasa bilang (maaf) fuck you saya tampilkan sebagai gambar avatar di forum ini.

Baik, saya akan jelaskan mulai dari awal.  Hobi saya menulis, walaupun menurut saya sendiri sampai sekarang saya tetap aja nggak bisa membuat sebuah tulisan yang menarik seperti Mas Rizal atau Mas Kurniawan misalnya. Tapi yang namanya hobi, ya tetep aja aku nulis. Saya sering blogwalking ke berbagai situs yang menyediakan fasilitas untuk mengembangkan bakat menulis pengunjungnya (yang jelas bukan saya), terus ketemu sama Kompasiana, forum ini memberi fasilitas kepada pengunjungnya untuk menulis artikel. Kemudian saya daftar di forum, mengisi semua formulir yang udah ditentukan. Nah, ini bagian yang paling penting yaitu menampilkan gambar identitas kita alias photo profile.

Terus terang dengan rambut kriting dan hidung besar tampang saya nggak bisa dibilang rupawan. Yah bentuk visualisasi gambar saya seperti tokoh pak ogah dikasih rambut keriting. Dulu waktu kecilpun saya jarang mau untuk di photo karena takut kameranya rusak. Dan sampai sekarang pun saya jarang punya photo diri, kecuali photo yang masih menempel di Kartu Identitas Penduduk dan SIM. Nah dari situ setiap saya daftar APAPUN di internet mesti pakai photo orang lain, entah itu photo tokoh kartun atau karikatur lainnya biar lucu dan bisa membuat orang tertawa.

Ketika saya dihadapkan pada pilihan gambar identitas apa yang sekiranya pas untuk forum ini, saya kemudian cari di internet, terus ketemu sama gambar nenek dibawah ini.


Gambar ini saya dapat dari forum kaskus, saya pikir gambar ini adalah gambar yang unik dan akan membuat orang tertawa dengan tampilan seorang nenek yang mengacungkan jari tengah menunjuk ke atas yang biasa kita kenal dengan istilah fuck you itu. Pertimbangan lain nenek dengan pakaian adat jawa seperti itu kebanyakan berasal dari desa-desa di Jawa Tengah atau Jawa Timur. Itu cocok dengan saya, karena saya juga berasal dari desa. Dengan sedikit modifikasi kemudian saya upload gambar itu sebagai gambar identitas saya di forum ini.

Disini saya tidak bermaksud untuk menghina atau merendahkan martabat nenek yang bersangkutan, lewat artikel ini saya pribadi mohon ijin kepada nenek untuk memasang photonya pada forum kompasioner ini. Saya memang sudah nggak punya nenek, tapi jika gambar nenek saya yang lagi begitu dipasang mungkin saya juga agak senewen. Bukannya disini saya tidak menghormati dia sebagai orang yang lebih tua, saya sangat menghormati siapa saja nggak perduli dia lebih tua atau lebih muda dari saya. Untuk itu buat nenek yang bersangkutan, maaf jika nenek tersinggung dan jika nenek pengin gambar itu diganti saya siap mengganti. Bukannya nenek malah jadi tambah terkenal jika photomu dipasang dimana-mana.  Tapi ngomong-ngomong kenapa sih nenek tangannya begitu? Itu nenek yang pengin begitu atau disuruh orang lain?