Cara Membuat Buku Mudah Diterima Penerbit!

Cara Membuat Buku Mudah Diterima Penerbit! Bagi penulis baru atau calon penulis yang baru mau mau menulis buku pasti menanyakan bagaimana Cara Membuat Buku Mudah Diterima Penerbit? Mengapa demikian? Karna kebanyakan dari orang yang baru mau mengegeluti dunia tulis menulis ragu kalau sekiranya tulisan atau naskah yang sudah susah-susah ditulis ternyata tidak diterima oleh penerbit. Tapi tidak usah khawatir karna jumlah penerbit saat ini sudah sangat banyak dan bahkan mencapai ratusan penerbit, mulai dari penerbit yang berskala besar hingga penerbit yang kecil-kecilan yang belum mempunyai mesin cetak sendiri. Semua penerbit-penerbit tersebut berebut mencari naskah buku dari penulis berpengalaman maupun penulis baru.

Sekalipun banyak penerbit bukan berarti setiap naskah buku akan mudah diterima tanpa syarat sama sekali, tentunya ada syarat Cara Membuat Buku Mudah Diterima Penerbit! yang harus diketahui, khususnya bagi penulis buku baru yang belum pernah diterbitkan naskah bukunya sama sekali. Nah, berikut adalah cara-caranya :

Cara Membuat Buku Mudah Diterima Penerbit! 
  1. Pemilihan jenis tulisan atau naskah buku. Menurut pengalaman saya dan apa yang saya ketahui dari penulis-penulis yang telah berpengalaman, mengungkapkan bahwa penerbit paling senang dengan naskah buku ‘How To…’ atau ‘buku panduan…’, misalnya menulis buku panduan ‘Cara Membuat Buku Best Seller’ dan sebagainya. 
  2. Memenuhi syarat dan aturan penulisan. Jika ingin agar naskah anda mudah diterima penerbit sebaiknya mengikuti aturan umum penulisan naskah buku, seperti panjang tulisan minimal 100 halaman, ukuran kertas A4, jenis tulisan Times New Roman, besar Font 12 dan spasi 1 serta margin standar 2-2-2-2 atau 2,5-2,5-2,5-2,5 sudah bisa diterima penerbit. Tapi, juga terkadang ada penerbit mensyaratkan lain, dan jika demikian anda bisa mengunjungi websitenya terlebih dahulu sebelum menulis. 
  3. Menulis sesuai bidang kemampuan. Jika syarat penulisan yang pertama mengenai jenis penulisannya, maka pada cara membuat buku mudah diterima penerbit kali ini penerbit biasanya melihat latar belakang anda. Jika jurusanmu adalah jurasan matematika kemudian kamu menulis tentang fisika pastinya pihak penerbit mempertimbangkan lebih dulu apakah menerima atau tidak tulisanmu. Terkadang sekalipun bukan jurusanmu tapi kamu sudah menggelutinya dalam waktu yang cukup lama beberapa tahun terakhir ini, maka naskah tulisanmu bisa saja mudah diterima penerbit. 
  4. Gaya tulisan dan gaya bahasa. Gaya tulisan merupakan salah satu cara membuat buku mudah diterima penerbit sebab pertimbangannya adalah pasar pembeli. Karenanya, jangan menulis seperti menulis skripsi atau gaya bahasa yang rumit dimengerti, sedapat mungkin pertimbangkan siapa pasar yang kamu incar dalam penulisan bukumu. 
  5. Pertimbangan pasar. Pada cara membuat buku mudah diterima penerbit nomor 1 dan 4 sudah disinggung, tapi kali ini saya ingin memberitahukan alasan lainnya. Selain jenis naskah buku yang banyak dicari orang, jenis buku mudah diterima penerbit lainnya adalah tema yang lagi booming dan banyak dibicarakan orang seperti nama tokoh tertentu, pasar penjualannya luas dalam artian tidak untuk golongan atau daerah tertentu, serta jenis tulisannya dapat bertahan lama atau dicari terus oleh pembacanya. 
  6. Faktor marketing penulis. Selain factor penerbit pada cara membuat buku mudah diterima penerbit ini, kemampuan penulis menawarkan tulisannya kepada penerbit juga menjadi factor agar tulisan naskah buku tersebut mudah diterima penerbit. Menurut pengalaman saya, mengirimkan naskah buku ke banyak penerbit sekaligus dengan menggunakan email jauh lebih mudah dan lebih cepat naskah tulisan kita diterima oleh penerbit dari pada melalui kiriman print out lewat kantor pos. Alasannya, lebih cepat sampai dan kemungkinan terscecer akan sangat sulit jadi bisa langsung sampai ke tim seleksi penerbit dengan cepat dan tepat sasaran. Untuk memperoleh email tersebut kamu bisa datang ke perpustakaan dan melihat di halaman depan tiap buku alamat email masing-masing penerbit buku. Tapi, untuk penerbit besar sebaiknya kirima juga hasil print out naskahmu karna umumnya penerbit besar mensyaratkan demikian. 
Demikian Cara Membuat Buku Mudah Diterima Penerbit! Yang bisa saya bagi kali ini. Sekalipun baru 2 buku saya yang terbit, salah satunya berjudul ’50 Bisnis Jasa Menguntungkan’ (cari di Google), tapi inilah pengalaman yang saya ketahui dari master-master penulis soal Cara Membuat Buku Mudah Diterima Penerbit!. Untuk itu jangan lupa berkomentar kalau ada yang belum dimengerti.

Baca juga :
  1. Cara Membuat Buku Diterbitkan Sendiri Tanpa Penerbit
  2. Cara Membuat Buku Best Seller No. 1
  3. Cara Membuat Buku Mudah Diterima Penerbit? 
Baca juga :
  1. Cara Membuat Donat Mengembang dan Empuk
  2. Cara Membuat Donat Berlubang Sempurna dan Rata
  3. Cara Membuat Donat Kentang dan Rahasianya
  4. Cara Membuat Donat J.Co Mirip Persis!
  5. Cara Membuat Knalpot Bersuara Halus  
  6. Cara Membuat Knalpot Racing R9
  7. Cara Membuat Knalpot Motor Semua Merek 
  8. Cara Membuat Knalpot Murah Bebas Ribut
  9. Cara Membuat Kolam Ikan Terpal Terlengkap
  10. Cara Membuat Kolam Ikan Terpal Batako
  11. Cara Membuat Kolam Ikan Koi Sempurna 
  12. Cara Membuat Blog Blogspot di Blogger Terlnegkap
  13. Cara Membuat Blog Jadi Menarik
  14. Cara Membuat Blog Ranking 1 Di Google
  15. 4 Cara Membuat Blogspot Jadi Dot Com. Ada 2 cara :
  1. Cara Membuat Settign Domain Dot Com Ke Blogspot
  2. Cara Membuat Setting Blogspot jadi Dot Com