Membuat Kategori Di WordPress

Sudah lama saya tidak menulis tentang tutorial Wordpress, walaupun pengetahuan saya tentang modifikasi Wordpress tidak begitu bagus, saya akan tetep berusaha untuk memberikannya kepada teman-teman semua. Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat kategori di Wordpress. Kategori pada wordpress adalah pengelompokan artikel atau posting berdasarkan nama kategori itu sendiri. Dengan adanya kategori maka pencarian akan artikel tertentu dapat lebih mudah, misal posting anda akan di kategorikan sebagai kategori berita, politik, ekonomi, entertainment, dan lain sebagainya.

Untuk membuat kategori post ada dua cara, yaitu melalui Categories yang ada pada menu Posts, yang kedua adalah melalui menu Categories ketika anda melakukan posting artikel. Dalam kategori ada istilah Parent Category (kategori induk/kategori utama) ada juga yang dinamakan Child Category (kategori anak /kategori cabang). Parent Category atau kategori induk atau kategori utama adalah kategori yang berdiri sendiri, contoh kategori induk seperti : Olah raga. Child Kategori atau kategori anak atau kategori cabang adalah merupakan bagian dari kategori induk. Misal apabila kategori induk adalah Olah raga, maka kategori anak atau kategori cabangnya bisa Sepak bola, Bulu tangkis, Moto JP, Tinju, Basket dan lain sebagainya.

Baiklah, langsung saja pada cara-cara pembuatannya :

Cara Pertama
  1. Alihkan perhatian ke sebelah kiri atas monitor, klik pada menu Posts, lalu klik sub menu Categories.
    maskolis wordpress kategori
  2. Masukan nama kategori yang diinginkan pada form Name, misal : Olah Raga
    maskolis nama kategori
  3. Untuk form slug bisa anda isi atau bisa juga di kosongkan. Ini adalah nama untuk alamat yang muncul pada address. Apabila dikosongkan maka category-slug (nama untuk alamat kategori) akan secara otomatis menggunakan nama kategori tersebut, Jika nama Kategorinya adalah Olah Raga, maka category-slug akan otomais menjadi olah-raga. Misalkan, untuk kategory Olah Raga, alamat yang muncul nantinya jadi seperti berikut : http://idtutorial.com/category/olah-raga/, Apabila anda menginginkan category-slug yang lain, anda bisa mengisi form Slug dengan nama yang di inginkan, misal nama kategori nya adalah Olah Raga namun slug nya adalah sport, maka contoh alamatnya menjadi : http://idtutorial.com/category/sport/
  4. maskolis category slug
  5. Untuk Parent, disana terdapat menu drop down untuk bisa anda pilih. Apabila kategori yang sedang anda buat adalah kategori induk, maka pilih None. Apabila kategori yang sedang anda buat adalah kategori cabang, maka pilihlah kategori induk nya, namun untuk membuat sebuah kategori cabang sebelumnya anda harus terlebih dahulu membuat kategori induk.
    maskolis kategori utama
  6. Untuk form deskripsi bisa anda isi atau kosongkan. Deskripsi dari sebuah kategori hanya muncul pada theme-theme tertentu saja.
  7. Apabila sudah yakin, klik tombol Add New Category.
  8. Selesai.
Cara Kedua
  1. Diasumsikan bahwa anda sedang membuat sebuah posting.
  2. Alihkan perhatian pada sebelah kanan monitor, disana terdapat menu Categories.
  3. Klik tulisan Add New Category. Isi form yang ada dengan nama kategori, jika ingin membuat kategori anak, maka pilih kategori induknya. Akhiri dengan klik tombol Add New Category
  4. maskolis membuat kategori
  5. Selesai.
Catatan
Buatlah nama kategori yang informatif  demi memudahkan pengunjung blog anda untuk membaca artikel yang mereka ingin baca. Pengkategorian atau pengelompokan artikel bisa sebagai salah satu cara agar pengunjung blog anda nyaman dan betah untuk berlama-lama pada blog anda.

Demikian tadi sedikit pengetahuan saya tentang membuat kategori di Wordpress, selamat mencobat dan semoga bermanfaat.