Cara Membuat Puding Karamel / Caramel

Cara Membuat Puding Karamel / Caramel hampir sedikit sama dengan cara membuat puding lainnya, hanya saja dalam membuat puding karamel atau caramel ada sedikit perbedaan pada penggunaan bahannya, sesuai dengan namanya yang khas yaitu puding karamel yang dihasilkan dari gula pasir yang dimasak hingga membentuk seperti karamel yang berada di bagian bawah loyang nantinya pada saat puding dituangkan.

cara membuat puding karamel caramel
Perbedaan cara membuat puding karamel / caramel dengan puding lainnya adalah dari segi rasa krenyes saat sendokan pertama karena di bagian atas puding karamel terdapat karamel yang dibuat dari adukan gula pasir. Sedangkan puding coklat dan puding jenis lainnya bahannya bercampur langsung dengan pudingnya sebagai khas rasanya dan bahkan bisa langsung dikenali jenisnya hanya dengan melihat warna dan tampilannya saja.

Bahan Cara Membuat Puding Karamel / Caramel

  1. Bubuk agar-agar (sebaiknya pilih yang berwarna putih) sebanyak 1 bungkus
  2. Susu kental manis 4 sendok makan
  3. Gula pasir 100 gram
  4. Air bersih 3 gelas atau sesui selera
  5. Gula pasir untuk karamelnya ssebanyak 5 sdm

Proses Cara Membuat Puding Karamel / Caramel

  1. Pertama, buat karamelnya dengan memanaskan gula pasir dengan sedikit air hingga berwarna kecoklatan dan kental layaknya karamel.
  2. Tuang karamel ke dalam loyang yang juga tempat agar-agar nantinya di cetak setelah masak.
  3. Masak agar-agarnya dengan mencampurkan air, susu kental manis, dan susu yang telah ditakar sebelumnya. dan jangan lupa diaduk terus hingga mendidih. 
  4. Setelah matang agar-agarnya tinggal tuang di loyang yang telah diberi karamel di bawahnya.

Tips Cara Membuat Puding Karamel / Caramel
  • Dalam membuat adonan puding sebaiknya aduk terus dan jangan berhenti hingga matang untuk menghindari munculnya busa halus yang akan membuat tampilan puding jadi tidak bening.
  • Karamel yang telah dibuat dan dituangkan di loyang dapat dipilih dua jenis tampilan, yaitu dengan menungu karamel hingga beku kemudian menuangkan adonan pudingnya yang rasanya akan kriuk sedikit ketika digigit atau tanpa perlu menunggu adonan karamel beku di dasar loyang kemudian langsung di tuang adonan agar-agar juga bisa yang mana tampilannya nanti akan terlihat karamel yang meleleh di atas agar-agar ketika dibalik.
  • Untuk tampilan yang lebih menarik sebaiknya gunakan Vla sebagai toppingnya. Untuk tampilan lebih berani sebaiknya beri warna yang mencolok pada vla-nya agar lebih menggoda selera.
  • Gunakan juga potongan buah segar seperti rambutan, kiwi, atau buah lainnya yang akan membuat puding karamel tampak lebih cantik ketika dihidangkan.
Demikian Cara Membuat Puding Karamel / Caramel yang bisa kami bagi buat yang baru mau belajar membuatnya. semoga bisa membantu!

Baca juga Aneka Puding di bawah:
  1. Cara Membuat Puding Coklat / Cokelat
  2. Cara Membuat Puding Karamel / Caramel
  3. Cara Membuat Puding Buah
  4. Cara Membuat Puding Susu
  5. Cara Membuat Puding Cake 
  6. Cara membuat Anak Perempuan
Baca juga :
  1. Cara Membuat Donat Mengembang dan Empuk
  2. Cara Membuat Donat Berlubang Sempurna dan Rata
  3. Cara Membuat Donat Kentang dan Rahasianya
  4. Cara Membuat Donat J.Co Mirip Persis!
  5. Cara Membuat Masakan Tahu Tempe Warteg
  6. Cara Membuat Tempe Mendoan Gorengan
  7. Cara Membuat Kripik Tempe Kriuk-Kriuk
  8. Cara Membuat Tempe Bacem Ala Restoran