Cara Membuat Sambal Bakso Racikan Pas!

Cara membuat sambal bakso dengan racikan pas tentunya butuh membuat percobaan berkali-kali. Tapi dari pada susah lebih baik langsung saja mengetahui cara membuat sambal bakso dari artikel ecaramembuat.blogspot.com ini. Selain merupakan hasil dari penyempurnaan beberapa resep cara membuat sambal bakso yang dipadukan juga ada beberapa tips dan jenis sambal bakso yang bisa anda coba untuk memenuhi selera pelanggan anda dari eneka sambal pedas yang enak.

Sebelum memulai penjelasan cara membuat sambal di bawah ini saya mau memberikan sedikit penjelasan mengenai pengertian sambal dari media terpercaya seperti Wikipedia. Sambal merupakan kata lain dari saus yang dihasilkan dari cabai yang diulek atau hancukan dengan menggunakan ulekan dari batu yang mana umumnya ditambah beberapa bahan seperti, bawang merah, bawang putih, garam, tomat, terasi, penyedap rasa, gula mereh, dan tambahan bahan sambal lainnya yang disesuaikan dengan jenisnya. Sambal merupakan jenis masakan khas Indonesia yang memiliki varian yang sangat beragam, seperti sambal asam, sambal bajak, sambal Lado, sambal dabu-dabu, sambal belacan, sambal kecap, dan sambal khusus bakso yang akan kita jelaskan selanjutnya, serta beragam jenis sambal lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu disini.
Gambar Cara Membuat Sambal Bakso yang enak
Bahan dalam Cara Membuat Sambal Bakso Enak
  1. 10 buah cabai rawit merah atau bisa dicampur dengan yang masih hijau
  2. 3 siung bawang putih
  3. 3 siung bawang merah
  4. ½ sendok teh garam kasar atau halus dan penyedap rasa secukupnya
  5. Minyak goreng secukupnya 
Tips Bahan Tambahan dalam Cara Membuat Sambal Bakso Enak
  1. 1 atau 2 buah tomat merah yang masih segar. Tomat berfungsi selain menambah rasa dalam sambal bakso juga berfungsi membikin tampilan sambal bakso seperti pasta serta menambah volume sambal dibandingkan hanya menggunakan cabai. Biasanya, pemilik warung bakso menggunakna tomat untuk mengirit penggunaan cabai.
  2. 2 potong gula merah seukuran kelereng. Gula berfungsi menambah kesempurnaan rasa sambal sehingga citarasanya yang bercampur antara asin yang dihasilkan dari garam, sedikit kecut dari tomat dan rasa manis dari gula merah membuat sambal bakso buatan anda menjadi penyebab banyak orang betah bolak balik makan di tempat anda.
  3. Terasi jika senang dengan aromanya. Penggunaan terasi sebaiknyanya jangan terlalu banyak dan jangan digunakan untuk komsumsi umum. Kecuali untuk dikomsumsi orang karena tidak semua orang menyukainya.
  4. Tepung maizena atau kanji. Bahan ini berfungsi untuk membuat sambal jadi sedikit lebih kental dan tidak terlihat berair. Hanya saja kelamahannya, bahan ini tidak akan berfungsi lagi kalau sambalnya sering diaduk dan sudah dingin karna sambal akan kembali terlihat berair.
  5. Kuah kaldu bakso sapi. Jika ingin menggunakan bahan ini sebaiknya pada sambal bakso yang digunakan untuk keperluan sehari saja karna jika tambahan kaldu bakso digunakan untuk membuat sambal yang tidak habis dalam sehari akan tampak lemak yang membeku dipermukaan sambal yang mengurangi rasa dan tampilannya.
  6. Kecap asin. Kecap digunakna selain untuk menambah rasa juga untuk mengatur tampilan warna sambal agar lebih menarik.
  7. Daun kemangi. Bahan sambal yang satu ini juga banyak digemari tapi tidak semua orang menyukainya. Hanya saja untuk sambal bakso jarang digunakan kecuali untuk sambal lauk.
Cara Pertama dalam Cara Membuat Sambal Bakso yang Enak
  1. Panaskan sedikit minyak kemudian masukkan bahan sambal berupa cabai, tomat, bawang merah, dan bawang putih, lalu diaduk-aduk hingga terlihat kecoklatan dan matang 
  2. Cara lain selain menumis bahan yang masih utuh adalah dengan cara dikukus hingga lembek baru kemudian diulek. 
  3. Tuangkan bahan sambal yang telah matang dalam ulekan / cobek dan tambahkan garam, penyedap rasa, dan gula merah. 
  4. Ulek semua bahan hingga hancur dan tercampur rata. Dan sambal bakso pun siap dihidangkan.
Cara Kedua dalam Cara Membuat Sambal Bakso yang Enak Campurkan semua bahan, tanpa kecuali garam dan penyedap rasanya kemudian masukkan dalam blender dan haluskan sebentar saja. Tumis sambal dalam minyak hingga matang Terakhir hidangkan dengan menambah Garnish agar lebih menarik.

Kekurangan dari cara kedua di atas adalah soal citarasa dan tampilannya yang kurang enak. Tapi dari segi kecepatan penggunaanya jauh lebih baik karna tanpa haru menggunakna ulekan. Cara buat sambal bakso seperti ini yang banyak digunakan oleh penjual bakso karna selain cepat juga hasilnya lebih banyak dari pada ditumis di atas wajan karena volumenya akan menyusup dari hasil pemanasan.

Demikian cara membuat sambal bakso racikan pas kali ini. Semoga anda yang ingin membuka usaha bakso atau rumah makan bisa mempraktekkannya langsung dan bisa menarik banyak pengunjung dalam waktu singkat.

Baca juga :
  1. Cara Membuat Donat Kentang
  2. Cara Membuat Coto Makassar
  3. Cara Membuat Sate Kambing, Sate Padang dan Sate Madura
  4. Cara Membuat Bakso Buah Terbaik 
  5. Cara Membuat Sambal Bakso Racikan Pas!