Cara Membuat Bakso Buah dan Kuah, Bumbu, Sambal Bakso

Cara membuat bakso buah lengkap dengan kuah, bumbu dan sambal bakso yang enak sehingga bisa dikatakan sebagai sup bakso yang berkualitas pada dasarnya banyak versinya. Hanya saja, untuk cara membuat bakso buah yang enak dan laris dipasaran harus memenuhi standar pembuatan tertentu agar bakso bikinan anda tidak sia-sia karna tidak ada yang ingin memakannya. Inti dari enak tidaknya sebuah hasil pembuatan bakso sebenarnya ada pada pemilihan bahan dan pengolahannya. Jika bahan daging dan bumbu yang dipilih salah tentu langkah membuat bakso selanjutnya akan salah juga.

Sebelum memulai penjelasan mengenai cara membuat bakso buah, mulai dari cara bikin sambal bakso buah hingga pembuatan kuahnya yang enak layaknya bakso pada umumnya, saya ingin menjelaskan sedikit mengenai asal usul dari pembuatan bakso buah ini. Awalnya bakso buah dibuat dengan coba-coba oleh seorang penjual bakso dikarenakan bosan dengan varian bakso yang sering diteminya, hingga akhirnya ia mecoba membuat bakso dengan mengisi potongan buah kedondong di dalamnya dan menjualnya ke konsumennya. Dan ternyata, tanggapan baik dari konsumen penghobi bakso di kedainya banyak memujinya sehingga akhirnya dibuatlah bakso buah dengan berbagai varian potongan buah di dalamnya.
Cara membuat bakso buah kuah, bumbu sambal bakso
Jenis buah yang digunakan dalam cara membuat bakso buah 

Dari beberapa pengalaman penjual bakso yang telah membuat bakso buah, kebanyakan mereka merekomendasikan buah yang memiliki manfaat kesehatan, selain sebagai penambah cita rasa bakso agar lebih ‘menggigit’. Diantaranya adalah : Kurma, Anggur, Kedondong, Salak, Belimbing, Nanas, Mangga, Apel, dan Klengkeng. Tapi, untuk lebih menambah variasi produk bakso anda sebaiknya cari jenis-jenis buah lainnya yang baik dijadikan sebagai isian bakso buah anda. Misalnya, jambu biji yang berwarna merah, Pear, Pepaya, Jeruk dan lain sebagainya.

Alat yang dibutuhkan dalam Cara Membuat Bakso Buah
  1. Panci perebusan bakso 
  2. Panci dandang besar Kompor gas 
  3. Pengaduk kayu atau besi 
  4. Sendok makan untuk membentuk bakso 
  5. Grinder atau penggiling daging dari bakso buah 
Bahan dalam Cara Membuat Bakso Buah 
  1. Daging sapi atau kerbau yang masih segar (umumnya dipilih pada bagian paha belakang sapi) sebanyak 1 kg 
  2. Tepung dari sari sagu 100 gr 
  3. Bawang putih 8 biji dan dihaluskan 
  4. Putih telur ayam broiler atau ayam kampong 1 btr 
  5. Es serut atau bisa juga es balok 1 ons 
  6. Pengenyal daging sebanyak 1 sdm 
  7. Buah – buahan segar yang telah dipotong sesuai perbandingan besar bakso buah yang akan dibuat 
  8. Garam makan 3/2 sdt atau sesuai selera 
  9. Lada halus berbentuk bubuk 1 sdm 
Bahan Kuah dalam Cara Membuat Bakso Buah 
  1. 500 gram balungan kaki sapi atau tulang sapi 
  2. 2 liter air bersih 
  3. 6 siung bawang putih di memarkan untuk aroma bakso buahnya 
  4. 3 sdm garam dapur kasr atau halus 
  5. setengah sdm merica dalam bentuk biji 
  6. 2 helai daun bawang yang diiris 
Proses Cara Membuat Bakso Buah 
  1. Potong-potong terlebih dahulu daging yang akan digiling untuk memudahkan penggilingan
  2. Giling daging sapi menggunakan penggiling khusus berupa grinder atau bisa juga dibawa langsung ke tempat penggilingan daging khusus untuk menggiling daging pembuatan bakso 
  3. Campurkan semua bahan bersama daging giling menjadi satu dalam sebuah wadah atau kalau punya dana bisa membeli alat berupa Food Processor yang berfungsi mengaduk semua bahan bakso buah. Bahan yang dimasukkan dalam gilingan daging sapi diantaranya adalah bawang putih yang dihaluskan, garam, putih telur yang telah dipisahkan dengan kuningnya, es serut, lada dan pengenyal daging bakso buah.
  4. Tunggu adonan bakso buah tercampur kurang lebih lima menit kemudian campurkan lagi tepung sagu dan sisa es serutan lalu dicampur lagi selama 10 menit sampai adonan bakso terlihat kalis layaknya membuat kue.
  5. Tinggal membentuk adonan menjadi bakso dengan memasukkan potongan buah di dalamnya.
  6. Terakhir lakukan perebusan pada bakso hingga matang betul yang ditandai bagian dalam bakso yang tidak berwarna kemerah-merahan lagi.
Tips-Tips dalam Proses Cara Membuat Bakso Buah
  1. Lakukan pencampuran es sebanyak 2 kali pada proses pembuatan bakso buah anda agar dihasilkan bakso buah yang lembut.
  2. Cara membentuk bakso buah sebaiknya dengan menggunakan tangan dengan cara memulai dengan meletakkan adonan bakso secara merata pada telapak tangan kemudian menaruh potongan buah di atasnya lalu digenggam dengan menekan adonan bakso menuju lubang genggaman dekat ibu jari yang selanjutnya tinggal diambil menggunakan sendok agar bentuknya bisa bulat. Cara ini juga digunakan untuk membentuk atau membuat bakso jadi bulat sempurna.
  3. Bakso buah direbus dengan 2 tahapan supaya permukaan bakso buah nantinya mulus dan tidak retak dikarenakan perubahan suhu yang cepat. Pertama,adonan bakso yang telah dibentuk bulat langsung dimasukkan kedalam air yang hangat dengan suhu kira-kira 60 derajat. Kedua, Setelah bulatan bakso agak mengeras dan terapung kemudian dimasak lagi dipanci lain dengan suhu air mendidih yang lebih panas hingga matang. Dengan demikian akan menghasilkan bakso yang matang sempurna dengan bentuk yang mulus.
Kuah dalam Cara Membuat Bakso Buah
  1. Masak air bersama tulang agak lama hingga kaldu dari tulang sapi tersebut keluar.
  2. Buat bumbu dengan menghaluskan merica, bawang putih dan garam
  3. Tumis campuran bumbu tersebut hingga harum dan masukkan kedalam air kaldu dari tulang sapi yang sedang mendidih
  4. Selanjutnya tinggal mengambil kuah secukupnya untuk dituang kedalam mangkuk yang berisi bakso dan racikan bumbu berupa daun bawang, sambal bakso, kecap, dan acar mentimun.
  5. Sajikan bakso dalam keadaan panas.
Demikian cara membuat bakso buah lengkap dengan kuah, bumbu dan sambal bakso yang enak. Semoga artikel ini bisa membantu memulai usaha kuliner bakso yang akan anda buat. Tapi, bila ada masalah dari cara membuat bakso buah di atas silahkan berkomentar di kolom komentar di bawah.

Baca juga bagaimana cara lainnya :
  1. Cara Membuat Donat Kentang
  2. Cara Membuat Coto Makassar
  3. Cara Membuat Sate Kambing, Sate Padang dan Sate Madura
  4. Cara Membuat Bakso Buah Terbaik 

  5. Cara Membuat Aneka Kue Lapis
  6. Cara Membuat Kue Lapis Legit Ala Penjual Kue
  7. Cara Membuat Kue Lapis Beras (Tepung Beras / Ketan)
  8. Cara Membuat Kue Lapis Surabaya Istimewa (Asli)
  9. Cara Membuat Kue Lapis Surabaya Sederhana
  10. Cara Membuat Kue Lapis Susu Gurih
  11. Cara Membuat Kue Lapis Sagu Papua
  12. Cara Membuat Kue Lapis Kanji