Cara Membuat Buku Diterbitkan Sendiri Tanpa Penerbit

Cara Membuat Buku Diterbitkan Sendiri Tanpa Penerbit atau yang dikenal dengan ‘self publisihing’ sebenarnya sangat simple caranya, hanya saja Cara Membuat Buku Diterbitkan Sendiri Tanpa Penerbit banyak yang tidak tau bagaimana prosesnya. Tapi, setelah membaca artikel ini kamu pasti akan langsung tergiur menerbitkan sendiri tulisanmu dengan modal dan dengan bantuan pemasaran dari distributor buku. Hanya saja pada artikel ini bisa jadi ada kemampuan yang belum kamu miliki sehingga penerbitan bukumu prosesnya banyak menggunakan bantuan atau jasa berbayar dari pihak lain, tapi intinya kamu bisa membuat buku yang diterbitkan sendiri tanpa perlu bantuan penerbit yang 100% tanpa penolakan.

Dalam Cara Membuat Buku Diterbitkan Sendiri Tanpa Penerbit ada beberapa proses penting yang harus kamu ketahui dan kuasai, tapi saya yakin kalau kamu sudah terbiasa menerbitkan sendiri bukumu akan terasa mudah mengerjakannya, berikut adalah proses atau tahap-tahap pembuatan buku dengan penerbit sendiri yang umumnya disebut dengan istilah ‘Self Publishing’ :

Pertama, Tulis sendiri bukumu. Untuk langkah pertama ini kamu harus bisa menulis dari ide dan kreatifitasmu sendiri dengan mempertimbangkan potensi pasarnya. Cara terbaik agar bisa berhasil dalam menulis buku yang berkualitas dan banyak dicari orang silahkan baca artikel sebelumnya :

Kedua, Edit dan layout hasil tulisanmu. Jika belum pernah melakukan editing buku sebelumnya kamu bisa belajar dari buku yang telah terbit yang memiliki tema yang sama dengan bukumu. Pelajari layout atau tata letak halaman dan gambar-gambar di dalamnya, selain itu gaya bahasa dan fitur-fitur yang ditambahkan dalam setiap halaman harus diperhatikan. Terkadang juga pemilihan jenis font serta gambar pada judul bab dan sub bab tulisan juga sangat menentukan karna banyak orang pada awal melihat buku mereka melihat dan menilai terlebih dahulu tulisannya apakah enak atau tidak buku tersebut dibaca.

Ketiga, Sipakan sampul yang menarik. Cara terbaik dan paling sering dilakukan oleh penerbit kecil maupun penerbit yang sudah besar sebelum membuat sampul buku, mereka umumnya melakukan survey ke berbagai toko buku untuk melihat sampul-sampul yang menarik yang memiliki tema yang sama. Usahakan juga menilai buku-buku best seller yang memiliki tema yang sama untuk kemudian diamati hal-hal menarik dalam desain sampulnya yang menyebabkan orang tertarik membeli bukunya. Jika kamu tidak menguasai ilmu desain grafis seperti Corelraw dan Photoshop, jalan keluarnya kamu bisa menggunakan jasa desaigner yang banyak tersebar dikotamu yang biayanya beragam.

Keempat, Urus izin atau ISBN bukumu sendiri. Umumnya buku yang boleh masuk ke toko buku ternama seperti Gramedia mensyaratkan setiap buku harus memiliki ISBN (International Standard Book Number) yang berguna mengidentifikasi karna biasanya disertai dengan Bar Code serta menilai keabsahan izin penerbitan buku tersebut. Caranya, kamu dengan mengunjungi dan menghubungi situs perpustakaan pusat Indonesia yang tentunya pemesanan ISBN-nya secara online atau bisa juga melalui telepon. ISBN bentuknya adalah deretan nomor yang merupakan identifikasi bukumu yang contohnya bisa kamu liat di bagian sampul belakang buku yang telah terbit. Dan karna biasanya NPWP dipertanyakan oleh toko buku, maka sebaiknya kamu mengurus juga NPWP usahamu sebagai antisipasi.

Kelima, Cetak bukumu ke penerbit atau percetakan virtual. Penerbit atau percetakan virtual maksudnya adalah penerbit atau percetakan yang tempat kamu mncetak bukumu dengan nama sesuai nama penerbit yang kamu pilih, bukan dengan nama penerbit tempat kamu mencetak bukumu. Di tiap kota biasanya banyak percetak yang menerima order semacam ini. Pengalaman saya biasanya untuk buku dengan tebal kurang lebih 100 halaman dan ukuran buku kecil kira-kira separuh dari kerta A4 biayanya sekitar Rp.4.000 hingga Rp.8.000 tergantung kepandaianmu menawar karna biasanya ada yang mencapai Rp.15.000 per eksemplar. Untuk satandar jumlah cetakan per sekali cetak biasanya minimal 3000 eksemplar agar harnya tidak terlalu mahal karna semakin banyak jumlahnya maka akan semakin murah biayanya.

Keenam, tentukan harga bukumu. Umumnya harga buku diperhitungkan antara biaya cetak, pajak, biaya promosi, dan diskon yang akan diberikan kepada pembeli atau toko buku. Biasanya penerbit mematok harga 8 kali lipat dari biaya cetak dan bahkan ada yang lebih, tergantung pertimbangan penerbit. Caranya, kalau biaya cetak Rp.8.000 tinggal kali 8 saja, jadi harga jualnya Rp.64.000. jika buku anda dijual di toko buku biasanya 30% diberikan pada toko buku dan 10% untuk pajaknya.

Ketujuh, Promosikan dan jual bukumu melalui distributor buku. Karna untuk urusan pemasaran umumnya sulit dilakukan karna harus menjangkau seluruh kota, maka gunakanlah jasa distributor buku, seperti distributor ‘Buku Kita’. Dengan menggunakan jasa mereka maka bukumu akan dapat masuk ke toko buku terkenal termasuk Gramedia. Hanya saja, umumnya districutor buku mematok biaya hingga 60% dari harga buku. Jadi sebaiknya tentukan harga jualnya lebih tinggi dengan tetap meperhitungkan kemampuan beli konsumenmu. Untuk mengetahui harga jual yang pas, kamu bisa membandingkannya lagi dengan produk lain di toko buku tapi dengan tema dan tebal buku yang mirip.

Cuma seperti ini cara membuat penerbit sendiri atau Cara Membuat Buku Diterbitkan Sendiri Tanpa Penerbit, yang penting tekun dan mau berusaha.Tinggal Action! dan selalu mencari informasi di Google juga sudah cukup. Tapi tak ada salahnya kalau kamu tetap mau membuat buku dan menerbitkan bukumu sendiri tapi semua prosesnya dengan bantuan orang lain. Hal ini bisa diwujudkan jika kamu tahu prosesnya. Untuk itu saya sarankan silahkan beli ebook cara membuat penerbit kecil-kecilan yang bisa menghasilkan jutaan per bulannya dengan dimulai dari modal nihil.

Harga ebook Cara Membuat Buku Diterbitkan Sendiri Tanpa Penerbit ini adalah Rp.600.000. Tapi berhubung minggu ini dilakukan promo besar-besaran, jadi harganya saya turunkan 50% jadi cuma Rp. 300.000 saja. (Ingat! Cukup Minggu ini saja) Hubungi : 085255877760


Isi Ebook Cara Membuat Buku Diterbitkan Sendiri Tanpa Penerbit ini terdiri dari :

Bagian Pertama
Menjadi Penulis yang Kaya Raya

   Bab I Strategi Kaya Raya dari Menulis
   Bab II Menjadi Penulis yang Beda bahkan ‘Gila’
   Bab III Menjadi Penulis Laris Manis
  1. Bagaimana Agar Menjadi Penulis Produktif
  2. Bagaimana Agar Mampu Menulis Dalam Situasi dan Kondisi Apapun
  3. Bagaimana Agar Tulisan Anda Pasti Dimuat Oleh Koran dan Majalah Manapun,
  4. Bagaimana Agar Tulisan Anda Tak Pernah Ditolak Penerbit Buku Manapun,
  5. Bagaimana Agar Penerbit Antri Menanti Tulisan Anda
  6. Bagaimana Agar Mampu Menulis Buku yang Selalu Meledak
  7. Bagaimana Agar Selalu Mendapatkan Royalti Puluhan Juta Terus Menerus Dalam Satu Bulan
Bagian Kedua
Menjadi Milyarder dari Bisnis Buku

Bab IV Awal Kiprah: Saat Tidak Ada yang Percaya (Pengalaman Pribadi yang Paling Berharga)
  1. Pengalaman Buku Pertama
  2. Modal Awal, Rincian Biaya Cetak dan Kalkulasi Keuntungan
  3. Pemasaran Buku dan Pengalaman dengan Ditributor Tunggal
  4. Buku Kedua dan Selanjutnya
  5. Memasarkan Sendiri
  6. Nama Pena
Bab V Langkah Demi Langkah Mendirikan Penerbitan Sendiri (Selfpublishing)
  1. 6 Alasan Kenapa Harus Mendirikan Penerbitan Sendiri?
  2. Prospek Bisnis Buku
  3. Mengurus Izin Usaha
  4. Hindari Utang; Hati-hati dengan Bank
  5. Teknik Jitu Membidik Pangsa Pasar Potensial
  6. Seleksi Naskah Berkualitas
  7. Pembarian Royalti dan Honorarium
  8. Proses Produksi
  9. Teknik Promosi yang Menghasilkan Penjualan
  10. Proses Penjualan
  11. Quality Control, Proses Packing dan Pengiriman
  12. Evaluasi
  13. Pengalaman Pahit Bersama Agen
  14. Pengalaman Indah Bersama Agen
Bagian Ketiga 
  1. Data Agen-Agen Penting Dan Surat Perjanjian
  2. Bab VI Daftar Agen Terbaik
  3. Bab VII Daftar Agen Hitam (Berbahaya)
  4. Bab VIII Surat Perjanjian Pemasaran Dengan Agen
  5. Bab IX Surat Perjanjian Penerbitan Dengan Penulis
Bonus 8 Ebook tambahan (Khusus Minggu Ini Saja):
  1. Video Motivasi Bisnis (senilai Rp 50.000)
  2. Daftar Agen Utama (agen buku terbaik) (senilai Rp 1.000.000)
  3. Daftar Agen Hitam (agen buku terburuk, berbahaya) (senilai Rp 1.000.000)
  4. Ebook Contoh Surat Perjanjian Penerbitan (antara penulis dan penerbit) (senilai Rp 100.000)
  5. Ebook Contoh Surat Perjanjian dengan Agen (senilai Rp 100.000)
  6. Ebook Contoh Surat Perjanjian dengan Toko Buku Ritel Modern (Gramedia, dll.) (senilai Rp 100.000)
  7. Ebook Tips-tips Sukses Jadi Milyarder (senilai Rp 1.000.000)
  8. Software Khusus untuk Membuat Cover 3 Dimensi (senilai Rp 50.000)
Hubungi segera selagi masih Rp. 300.000 sebelum naik jadi Rp.600.000 Minggu Depan
HP : 085 255 877760
Email : Zulbiadi@gmail.com
YM : zuta_media@yahoo.com

Baca juga :
  1. Cara Membuat Buku Diterbitkan Sendiri Tanpa Penerbit
  2. Cara Membuat Buku Best Seller No. 1
  3. Cara Membuat Buku Mudah Diterima Penerbit? 
Baca juga :
  1. Cara Membuat Donat Mengembang dan Empuk
  2. Cara Membuat Donat Berlubang Sempurna dan Rata
  3. Cara Membuat Donat Kentang dan Rahasianya
  4. Cara Membuat Donat J.Co Mirip Persis!
  5. Cara Membuat Knalpot Bersuara Halus  
  6. Cara Membuat Knalpot Racing R9
  7. Cara Membuat Knalpot Motor Semua Merek 
  8. Cara Membuat Knalpot Murah Bebas Ribut
  9. Cara Membuat Kolam Ikan Terpal Terlengkap
  10. Cara Membuat Kolam Ikan Terpal Batako
  11. Cara Membuat Kolam Ikan Koi Sempurna 
  12. Cara Membuat Blog Blogspot di Blogger Terlnegkap
  13. Cara Membuat Blog Jadi Menarik
  14. Cara Membuat Blog Ranking 1 Di Google
  15. 4 Cara Membuat Blogspot Jadi Dot Com. Ada 2 cara :
  1. Cara Membuat Settign Domain Dot Com Ke Blogspot
  2. Cara Membuat Setting Blogspot jadi Dot Com