8 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata Anda


      Mata merupakan organ pada tubuh kita yang sangat berharga. Denga memiliki mata yang sehat, maka kita dapat melihat keindahan dunia yang telah diciptakan oleh Tuhan YME kepada umatnya. Oleh karena itulah, penting sekali untuk kita senantiasa bersyukur terhadap anugerah mata yang di berikan Tuhan YME kepada kita. Dalam hal ini, kita harus menjaga dan merawat kesehatan mata agar tidak mengalami berbagai penyakit atau masalah kesehatan lainnya yang terkait dengan mata. Lalu, bagaimana menjaga kesehatan mata kita yang paling baik ....????

            Sahabat, tips kesehatan. Banyak sekali penyakit mata yang mungkin tidak asing di telinga kita seperti miopi atau rabun jauh, presbiopi atau tidak dapat melihat benda yang berjarak jauh maupun dekat, katarak, hipermetropi atau rabun dekat, maupun buta warna yang tidak dapat membedakan aneka warna. Berbagai penyebab penyakit tersebut dapat menimpa mata seseorang. Seperti miopi yang banyak menimpa kalangan pelajar dan mereka yang sangat hobi dalam membaca buku. Ini dikarenakan, para pelajar dan orang-orang tersebut membaca buku terlalu dekat. Untuk lebih memahami dan mengerti cara menjaga kesehatan mata yang benar. Berikut ini, tips kesehatan mengetengahkan sebuah artikel yang berjudul 8 tips menjaga kesehatan mata anda. Inilah tips menjaga kesehatan mata anda :

  1. Usahakan membaca buku pada jarak yang ideal. Jarak ideal yang dimaksud yaitu membaca buku pada jarak 30 cm dari buku ke mata anda. Hal ini untuk mencegah penyakit mata seperti miopi atau rabun dekat.
  2. Usahakan tidak membaca buku atau teks apapun dalam kondisi sambil tiduran. Ini juga dapat membuat kesehatan mata anda terganggu seperti dapat terkena miopi.
  3. Usahakan menggunakan penerangan yang tidak minim atau terlalu redup ketika belajar atau membaca apapun itu. karena penerangan yang redup dapat menganggu kesehatan mata anda.
  4. Usahakan mengistirahatkan mata anda, ketika sudah terlalu lama di depan layar komputer atau laptop saat mengerjakan tugas atau aktivitas apapun di komputer atau laptop yang anda miliki. Ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata anda.
  5. Usahakan tidak mengucek mata anda, ketika tangan anda dalam keadaan kotor atau habis memegang sesuatu benda. Karena tangan anda yang kotor dapat menginfeksi organ mata anda yang akan berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata anda.
  6. Usahakan mengedipkan mata anda dengan intensitas agak ditambah, pada saat fokus melihat sesuatu terlalu lama. Dalam hal ini, sangat fokus dalam memandang layar monitor ataupun laptop saat mengerjakan tugas atau aktivitas yang berkaitan dengan komputer atau laptop.
  7. Usahakan memakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata anda. Dalam hal ini, wortel merupakan jenis makanan yang paling baik untuk kesehatan mata anda, karena dalam wortel banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata anda.
  8. Usahakan agar berhenti dari kebiasaan merokok bagi anda yang memiliki kebiasaan merokok. Ini dikarenakan, anda akan berpotensi mengalami sejumlah penyakit mata seperti katarak dan kerusakan saraf optik pada mata anda.
Artikel Kesehatan Lainnya...

  • 7 Tips Mudah Mempertajam Daya Ingat Otak Anda
  • 7 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Anda
  • 4 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Telinga Anda
  • 4 Makanan Yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh Anda
  • 5 Manfaat Luar Biasa Tidur Siang Bagi Kesehatan Anda
  • 4 Tips Mudah Meningkatkan Daya Ingat Otak Anda 
  • 5 Tips Mudah Mengatasi Depresi Secara Alami 
  • 5 Olahraga Yang Mudah Dan Menyehatkan 
  • 5 Bahaya Minum Air Putih Jika Kebanyakan 
  • 6 Tips Agar Tidak Cepat Pikun atau Sering Lupa 
  • More...
  •       Semoga tips kesehatan yang membahas 8 tips menjaga kesehatan mata anda dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Karena dengan mata yang sehat, maka akan sangat baik untuk anda. Akhir kata, salam hangat dari penulis.(Sumber : Sidomi,  majalah kesehatan, makhluksurga).
    Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net