Anda Tidak Akan Memahami Artikel Ini


Jika saya memberikan sebuah artikel singkat kepada Anda, kemudian saya bilang, “Kamu belum bisa mengambil manfaat dari tulisan saya.” Anda mungkin akan berpikir, “Kurang ajar, dia menghinaku…..!!”

Jika saya memberikan sebuah artikel yang samar-samar orang akan membayangkan bahwa artikel itu berisi rahasia-rahasia aneh. Atau mereka sok pintar dengan berusaha memahaminya.

Tetapi jika saya memberikan sebuah artikel yang lengkap dan dapat dipahami, semua pembaca akan menyimak hal-hal yang dangkal dengan penuh semangat, sambil berkata “Betapa hebatnya, betapa mendalamnya.” Orang-orang akan mengikuti hal-hal lahiriah ini setelah saya pergi, dan menjadikan artikel itu sebagai sumber pengetahuan dan perdebatan. Mereka akan menganggapnya sebagai ilmu pendidikan, syair, puisi atau dongeng.