Membuat Blog Di WordPress.com

Jika temen-temen blogger sudah bosan dengan tampilan blogspot, dan ingin membuat blog/web di wordpress.com. Kali ini saya akan berikan tutorial cara membuat blog di wordpress.com. Membuat blog di wordpress.com sangatlah mudah, hampir sama seperti kalau kita buat blog di blogspot. Kita tinggal isi formulir yang sudah disediakan, isi semua jangan sampai ada yang kelewatan, jadi deh blognya......

Oke, daripada berlama-lama langsung saja pada langkah-langkahnya :
  1. Anda harus ke www.WordPress.com.
  2. Bila anda sudah masuk halaman WordPress.com, klik tombol [Sign Up Now].
    maskolis wirdoress
  3. Kemudian proses pendaftaran dimulai dengan mengisikan :
    membuat blog maskolis
    » Username:
    Isikan nama anda (min 4 karakter).
    » Password:
    Isikan kata sandi/password anda.
    » Confirm:
    Tulis kembali kata sandi/password yang telah anda tulis tadi.
    » Email Address:
    Isikan alamat email anda.
  4. Pada ‘Legal flotsame’ anda wajib memberi centang ( √ ) opsi [I have read and agree to the fascinating terms of service] yang menandakan anda setuju dengan ketentuan dari WordPress.
    membuat blog maskolis
  5. Kemudian karena anda akan membuat blog, anda harus memilih opsi [Gimme a blog] dengan memberi tanda tik Θ. Kemudian tekan tombol [Next >>].
    membuat blog maskolis
  6. Kemudian pada halaman kedua pada proses pendaftaran :
    membuat blog maskolis
    » Blog Domain:
    Isikan nama yang nantinya akan menjadi alamat blog anda Contoh : bootingskodos.wordpress. com
    membuat blog maskolis
    » Blog Title:
    Isikan judul blog anda.
    membuat blog maskolis
    » Language:
    Pilih bahasa apa yang ingin anda gunakan (lebih baik pilih English).
  7. Beri tanda centang ( √ ) pada opsi [Privacy], agar blog anda dapat dicari oleh mesin pencari seperti Google dan Technorati. Ini memudahkan anda tanpa harus bersusah payah mendaftarkan alamat blog anda pada mesin pencari Google. Kemudian klik tombol [Signup >>].
  8. Bila pada halaman berikutnya muncul teks ‘Your account is now active’, segeralah buka email anda untuk mengaktifkannya.
    Halaman Aktivasi WP Berhasil
  9. Di dalam email anda, buka email yang diberikan WordPress.com dan klik salah satu link menuju WordPress.com untuk mengaktifkan account anda . Bila belum ada, tunggu ± 5 menit.
  10. Bila berhasil akan muncul halaman login, masukkan username dan password yang telah anda buat pada halaman pendaftaran tadi.
    Halaman Log In WP
Semua proses untuk membuat blog di wordpress.com sudah selesai. Untuk pengenalan Nama dan Fungsi Tombol-Tombol Fasilitas Penyuntingan Text Di Area Penulisan Posts dan Pages di wordpress akan saya bahas pada postingan berikutnya.