12 Rahasia Kulit Mulus Ala Wanita Korea

Penasaran kenapa orang Korea bisa memiliki wajah semulus itu? Wajah mulus dan putih bersih mereka tidak selalu didapatkan dari hasil operasi plastik lho, jadi jangan dulu menjudge ya. Artikel berikut ini akan membantu kamu untuk bisa memiliki wajah yang lebih mulus dibandingkan dengan sekarang. Ini juga bisa sebagai list resolusi buat kalian ditahun 2017.

9 Hingga 12 Step Perawatan Wajah Rutin ala Wanita Korea


Orang Korea dalam merawat kulit wajah memiliki tahapan yang cukup panjang. Mungkin benar ya yang dikatakan sebagain orang bahwa cantik atau ganteng itu butuh waktu. Waktu untuk melakukan semua perawatan kulit. Berikut ini step by step perawatan kulit wajah mulai untuk pagi hari, malam hari hingga perawatan mingguan ala wanita Korea.

Skin Care untuk Pagi Hari

1. Konsumsi Air Putih Min 2L


Sebelum menggunakan rangkaian skin care yang beraneka ragam, wanita Korea percaya bahwa memenuhi cairan pada tubuh dapat membantu membuat kulit wajah menjadi sehat dan terhindar dari dehidrasi yang bisa membuat kulit menjadi kering dan kusam. Oleh karena itu, mereka terbiasa mengkonsumsi air putih setiap pagi hari sebelum memulai aktifitas. Dan mereka terbiasa mencukupi konsumsi air putih untuk tubuh dan kulit mereka. Tidak heran ya melihat kulit orang Korea yang lembab dan sehat.

2. Foam Cleanser

Jangan beranggapkan saat kita bangun tidur dipagi hari kulit, karena pada saat kita tidur, kulit wajah melakukan regenerasi saat kita tertidur jadi saat bangun pasti ada kotoran walau tidak sebanyak saat kita berada diluar ruangan. Maka dari itu seusai bangun tidur biasakan mencuci muka dengan foam cleanser saja.

3. Booster

Setelah itu dilanjutkan dengan Booster. Fungsi dari penggunakan booster adalah untuk mempersiapkan kulit untuk menggunakan skin care tahap lanjutnya. Booster banyak sekali di jual terutama pada brand-brand kosmetik alas Korea seperti Sulwhasoo, Laniege, The Face Shop.

4. Water (Refiner) / Toner

Beda negara beda juga penyebutanya. Bagi orang Korea Toner disebut Water atau Refiner. Sedangkan toner adalah sebutan dari western. Fungsi dari produk ini adalah untuk memberikan kesegeran pada kulit wajah sekaligus membantu menyeimbangi pH balance kulit wajah. Untuk cara penggunaanya, orang Korea lebih suka menggunakan dengan jari langsung agar bisa menyerap lebih baik pada kulit. Jika kamu ingin mengikuti cara tersebut pastikan tangan kamu sudah bersih ya.

5. Emulsion

Di Korea dikenal dengan istilah lotion, sedangkan di Jepang istilah lotion dipakai sebagai toner. So jangan sampai tertukar ya. Saat ingin membeli produk ini pastikan kamu mengecek asal brand agar tidak salah beli. Emulsion juga dikenal sebagai light moisturizer, biasanya memiliki tekstur yang sedikit milky tapi masih seperti liquid. Fungsi dari perawatan ini adalah mengembalikan keseimbangan kadar minyak dan air serta melembabkan kulit wajah.

6. Serum

Wanita Korea sangat umur sekali memiliki lebih dari 1 serum, mungkin karena kebutuhan dari kulit sendiri. Jika kulit sedang terasa kering dan kusam, maka serum yang digunakan adalah serum yang dapat meningkatkan kadar air, dan mengandung vitamin C yang membantu untuk pencerah. Jika memiliki pori-pori besar kamu bisa menggunaan serum yang mengandung snail extract yang berfungsi untuk membantu memperbaiki struktur kulit dan mengecilkan pori-pori. Tentu penggunaan serum yang berbeda tersebut ini tidak digunakan dalam wajtu bersamaan, kamu bisa bergantian dalam pemakaiannya setiap hari.

7. Eye Cream

Bagian mata pun tidak luput dari perhatian orang Korea, maka dari itu banyak sekali produk-produk yang mengeluarkan eye cream. Fungsi eye cream sendiri adalah untuk menghindari seperti mata panda (dark circle) serta dapat menghaluskan dan mencerahkan area mata.

8. Menggunakan Cream Pemutih Wajah

Walaupun pada dasarnya kulit orang korea sudah putih, tapi mereka tidak lupa untuk menggunakan cream pemutih wajah untuk menghindari terjadinya pigmentasi pada kulit. Ini terbukti saat ini banyak sekali produk skin care asal Korea yang mengeluarkan cream pemutih wajah yang laris dipasaran khususnya di Korea sendiri.
Cream pemutih wajah ini juga ternyata tidak hanya kaum hawa saja yang berlomba-lomba mencariinya, tapi kaum pria juga. So, gak salahkan wajah para seleb Korea baik hawa atau pria sama-sama memiliki wajah yang putih bersih dan mulus. Jadi buat kamu yang malas menggunakan cream pemutih, mulai dari sekarang ubah cara merawat wajah kamu dengan selalu menggunakan pemutih wajah yang aman secara rutin ya.
Tips buat kalian yang ingin mencari pemutih wajah yang aman. Pertama, jangan mudah tergiur dengan hasil yang instan. Kedua, cari cream yang jelas asal usulnya, minimal cream pemutih tersebut sudah tercacat di BPOM. Ketiga, jangan tergiur dengan harga murah. Sebaiknya kamu beli di toko yang memang sudah terpercaya keaslian dari produk yang dijual.

9. Tidak Absen Menggunakan Sunblock (UV Protection)

Walaupun suhu dan cuaca di Korea tidak sepanas di Indonesia, tapi masyarakat sana selalu menggunakan sunblock sebagai tahap dari perawatan wajah putih bersih dan mulus mereka. Berbeda dengan orang Indonesia yang biasanya nih orang Indonesia menggunakan sunblock saat mereka pergi kepantai atau tempat dengan suhu yang panas saja, benar ga sih pendapat mimin ini?
Hmm, buat kalian yang memiliki perilaku seperti itu, sekarang saatnya untuk berubah ya. Belajar dari orang Korea yang selalu rutin setiap hari menggunakan sunblock saat akan pergi keluar rumah atau bahan saat dirumah, mereka tetap menggunakan sunblock untuk memproteksi wajah mereka dari paparan sinar matahari baik secara langsung maupun tidak langsung. Karena itu memang fungsi utama dari penggunaan skin care satu ini.

10. Finisher

Mungkin pada tahun 2015 lalu, finisher ini masih jarang orang tahu. Skin care tahap ini adalah salah satu tahapan terbaru di Korea, karena skin care ini terbilang baru juga di Negri Gingseng tersebut. Brand yang pertama kali memiliki skin care ini adalah Sulwhasoo (Sulwhasoo Luminature Essential Finisher). Fungsi dari skin care ini adalah untuk mengakhir rangkaian skin care di pagi hari atau bisa dibilang sebagi “pengunci” dari semua manfaat skin care yang telah digunakan sebelum ber-makeup.

Skin Care Untuk Malam Hari

  • Pre-Clenaser

Setelah seharian beraktifitas dan menggunakan makeup pastikan kamu membersihkan wajah dengan makeup remover terlebih dahulu hingga makeup benar-benar sudah terangkat, dilanjutkan dengan membersihkan wajah dengan cleanser. Selanjutnya ulangi step seperti pada pagi hari.
  • Masker Wajah

Pernah gak sih kamu perhatian saat nonton K-drama pasti ada 1 scene dimana mereka menggunakan masker wajah. Contohnya siapa yang disini nonton k-drama Descendant of the sun? Ah sepertinya mustahil sekali buat para penggemar k-drama belum menonton atau bahkan tidak tahu drama yang sempat booming dan sempat menjadi drama fenomenal di tahun 2016 silam sebelum akhirnya digeser oleh k-drama Goblin.
Wah, mimin kayaknya apal banget ya sama k-drama hehe. Oke balik lagi pada scene di Dots dimana sersan Soe Dae Young dan para prajurit lainnya yang menggunakan masker wajah disaat sedang jam istirahat. Selain itu faktanya bahwa kaun hawa di Korea memang sangat menggemari masker wajah. Bahkan mereka bisa menggunakan masker wajah setiap hari.
Masker yang biasanya mereka gunakan berbahan dasar seperti yoghurt, mentimun atau madu yang mampu memberikan khasiat mengencangkan kulit, menyegarkan serta melembabkan kulit wajah. Tapi bagi kamu yang suka males menggunakan masker karna harus bilas lagi setalah 15 menit. Sekarang kamu bisa menggunakan masker malam hari yang bisa dipakai saat tidur (Sleeping mask). Jadi kita gak perlu repot-repot lagi bilas. Dibawa tidur besok paginya baru dibilas seperti biasa dengan cleanser. Sleeping Mask ini biasanya digunakan 2-3x seminggu.

Skin Care Untuk Mingguan

Pada dasarnya tahapannya sama saja seperti ritual pagi hari, hanya saja untuk perawatan mingguan ini kamu menambahkan step Exfoliator setelah Cleanser, dan setelah Emulsion kamu lanjutkan dengan menggunakan sheet mask selama 20 menit. Serta kamu tetap menggunakan sleeping mask pada malam harinya.

sumber: http://hariangadis.com/