PESONA Bonsai Kemuning

Bonsai Kemuning (Murraya paniculata)

Bonsai Kemuning - Memiliki nilai seni dan jual yang tinggi

Bonsai Kemuning (Murraya paniculata)
Kemuning (Murraya paniculata) adalah tumbuhan dari famili Rutaceae yang banyak tumbuh di Indonesia.Tanaman Kemuning ini memiliki daun seperti daun beringin, namun lebih kecil. Memiliki bunga yang umunya berwarna putih seperti bunga melati dan bunga tanaman santigi. Tanaman ini sekarang banyak digunakan sebagai tanaman bonsai kemuning oleh penggemar bonsai.

M. paniculata in flower pots
Kemuning (Murraya paniculata) atau nama sinonimnya Murraya exotica L.; Murraya banati Elm; Chalas paniculata, merupakan tumbuhan tropis yang dapat mencapai tinggi 7 meter dan berbunga sepanjang tahun.


Bunga Kemuning berbentuk putih seperti bunga Anting Putri

Buah Kemuning berwarna kuning dan merah

Daunnya seperti daun jeruk, cuma berukuran lebih kecil, sering digunakan sebagai tumbuhan hias atau tumbuhan pagar. Bunganya terminal dan harum, petal 12-18 mm, panjang, putih. Buahnya akan berwarna merah sampai oranye jika sudah matang.

Bonsai Kemuing (Murraya paniculata)

Kemuning merupakan salah satu tumbuhan yang ditanam di halaman Rumah Gadang di Minangkabau, yang di dalam Pidato Pasambahan Rumah Gadang diungkapkan bahwa kamuniang untuak pautan kudo yang artinya kemuning untuk pautan kuda.
Bonsai Kemuning Jepang

Nama Lokal Tanaman Kemuning di Daerah Indonesia:
- Minangkabau: kamuniang
- Jawa : kamuning / kemuning
- Bali : kuning
- Nusa Tenggara: kemuni (Bima), kemiuning (Sumba), sukik (Bread);
- Sulawesi: kamuning (Manado), kamoni (Bare), kamuning (Napier), Palopo (Bugis);
- Maluku: eschi (Wetar), fanasa (Aru), kamoni (Ambon)