MURAI BATU EKOR PENDEK ATAU MURAI BATU EKOR PANJANG?



Berbicara tentang yang panjang-panjang se akan tiada habisnya, apalagi kali ini masih menjadi menu utama berkaitan dengan panjang tersebut, namun jangan salah tafsir panjang yang redaksi maksud adalah murai ekor panjang yang di kenal Murai Medan, serta Murai ekor pendek di kenal murai Lampung atau Kalimantan juga Borneo.

Burung murai sampai saat ini masih menjadi perdebatan sengit, di kalangan penggemar burung ocehan, terutama penghobi murai batu. Walaupun sudah banyak menyajikan beragam narasumber tentang hal itu, tetap saja murai menjadi biang perbincangan sehingga harga murai meroket.

Salah satu peternak senior Bapak Joko tinggal di Sleman Yogyakarta, yang beternak murai dan berhasil di korek tentang murai Medan dan bukan Medan Joko punya kisah nyata dan itu cukup menarik, dalam memahami burung murai batu ekor panjang tersebut. 


MURAI BATU EKOR PENDEK

Joko Susilo menguraikan, sekitar tahun 1990 an, dia datang di tempat saudaranya di Sumatera namun bukan di Medan, nah kedatangan dia itu untuk memastikan apa benar burung murai ekor panjang itu asli medan ? 

Suatu hari saya ketemu pengepul burung murai, dimana burung murai-murainya telah di pilih-pilih, dan yang ekor pendek di jadikan satu, begitu pula yang ekor panjang juga di satukan.


Menariknya pengepul atau bakul ini mengatakan, Murai yang ekor panjang di bawa ke Medan setelah itu di terbangkan Ke Jakarta, pedagang tersebut juga menjelaskan, harga di Sumatera kan masih murah, berbeda dengan harga di DKI, bisa tembus lebih mahal, apalagi itu yang ekor panjang,

“kata pedagang tersebut, ketika di tirukan Joko yang saat itu memberondong soal murai yang di kumpulkannya tersebut. 

Nah sejak itulah, saya sadar, dan saya langsung mengambil kesimpulan bahwa murai ekor panjang tersebut belum tentu dari Medan, jadi apabila kita berpolemik tentang murai ini,, yaa itu anda sendiri yang akan mengatakan apakah murai itu medan atau bukan, sebab setiap peternak atau penggemar murai, memiliki pemahaman masing- masing sesuai info yang di dapat "kata Joko.

Jadi ketika saya ditanya soal murai ekor panjang apa pasti Medan ? saya hanya menceritakan seperti pengalaman saya dulu, namun pria ini juga memberi argumentasi, bahwa yang dia ternak adalah murai ekor panjang. “kata Joko saat menjawab beragam pertanyaan tentang murai batu kepada wartawan