Cara Membuat Kue Nastar Lebaran Renyah (Berbagai Macam)

Cara membuat kue nastar lebaran renyah n enak bisa dipraktekkan dan hasilnya bisa sama seperti yang dijual di toko-toko kue asalkan mengikuti resep pembuatan kue nastar lebaran di bawah ini. Banyak sekali artikel soal cara bikinnya, hanya saja pada tutorial di sini jauh lebih lengkap dan teruji hasilnya. Selain itu, resep kue di sini umumnya dijelaskan secara terperinci dengan disertai tips-tips buatnya agar hasil yang diinginkan bisa sesuai.

Artikel cara membuat kue nastar lebaran ini sebenarnya bukan artikel pertama yang saya share soal kue nastar, tapi ada beberapa jenis lainnya yang sudah saya share sebelumnya yaitu, cara buat kue nastar keju dan cara bikin kue nastar nanas atau nenas. Dalam setiap artikel tersebut kurang lebih hampir sama, hanya saja pada bahannya ada sedikit perbedaan. Khususnya pada bahan-bahan kue kering yang khusus menggambarkan nama dari kue nastar tersebut. Misalnya, kue nastar nenas, maka dalam artikelnya dijelaskan pula cara membuat selai atau isian kuenya agar tetap enak tanpa menggunakan pengawet sama sekali.
Cara Membuat Kue Nastar Lebaran Renyah (Berbagai Macam)
Bikin Nastar Lebaran

Bahan Cara Membuat Kue Nastar Lebaran
  • 175 gram tepung terigu yang telah diayak
  • 175 gram margarin atau mentega
  • 150 gram keju kemasan
  • 25 gram keju kemudian parut untuk taburan
  • 3 butir kuning telur ayam
  • 1 btr kuning telur ayam sebagai olesan kuenya
  • 30 gram tepung maizena kemasan
  • 1.4 sdt garam dapur 
Cara Membuat Selai Nenas/Nanas :
  • 125 gram gula pasir kasar
  • 1 buah nenas mengkal yang telah diparut 
  • 3 cm kayu manis yang diserut halus
  • 6 butir cengkih atau cengkeh (Jangan terlalu banyak karena baunya keras)
Proses Cara Membuat  Kue Nastar Lebaran / Kue Kering Nastar
  1. Buat terlebih dahulu selai nenasnya dengan cara nenas yang telah dikupas dan dibuang matanya / pori kulitnya kemudian dicuci bersih, baru setelah itu diparut menggunakan parutan yang sama dengan parut kelapa. Selanjutnya masak menggunakan wajan besar tanpa minyak dan air sama sekali dengan menambahkan gula pasir kasar yang banyaknya disesuaikan resep atau selera, dan juga cengkih dan kayu manis. Aduk terus dan jangan berhenti sampai selai matang, lalu angkat. Ciri-ciri selai yang telah matang akan terlihat menggumpal dan warnanya agak gelap dari warna awalnya. Selain itu jika ingin membuat selai nanas jadi lebih padat bisa ditambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Tapi dengan cara ditaburi dengan rata agar tidak menimbulkan butiran-butiran terigu yang tidak tercampur.
  2. Selanjutnya sediakan loyang tipis yang sudah ada dalam oven dan beri mentega dipermuakaannya agar kue kering nastar tidak lengket nantinya.
  3. Kocok margarin sampai mengembang dan tambahkan tepung terigu bersama tepung maizena, sambil aduk hingga rata. 
  4. Masukkan keju dan garam, campur sampai rata hingga menjadi adonan keu yang kalis dan tidak lengket hingga mudah dibentuk.
  5. Bentuk adonan kue memanjang bulat seperti ular kemudian potong-potong sesuai dengan besar bulatan kue nastar yang akan dibuat nantinya. Setelah itu ambil potongannya dan pipihkan untuk diisi dengan selai nenas yang sudah dingin. Kemudian tata dengan rapi di atas loyang.
  6. Beri kue yang sudah tertata rapi di atas loyang dengan olesan kuning telur dan taburan keju di atasnya.
  7. Terakhir tinggal dimasak dengan cara dipanggang dalam oven dengan suhu 160° selama 15 menit lamanya atau sampai matang yang menunjukkan warna kecoklat-coklatan.
Demikianlah resep cara membuat kue nastar lebaran kali ini bersama resep cara membuat selainya juga. Umumnya keberhasilan dari cara bikin di atas tergantung dari proses pembuatannya yang sesuai denan tutorial di atas tau tidak, jika ada yang salah dalam takaran dan langkah pembuatannnya biasanya sedikit banyak berpengaruh pada hasilnya. Misalnya saja bentuk kue nastar yang bulat sempurna mungkin banyak yang belum tau caranya dan banyak yang berpikir kalau menggunakan cetakan kue nastar khusus padahal bentuknya tersebut dibuat dengan cara terlebih dahulu membuat adonan kue kering berbentuk panjang seperti ular kemudian dipotong-potong dengan panjang sesuai besar bulatan kue nantinya, setelah itu tinggal diambil potongannya dan dipipihkan lalu diisi dengan selai nenas secukupnya yang sebelumnya juga talah dibuat bulat-bulat. Jadi intinya adalah kreativitas kita sendiri yang menentukan apakah hasil buat kue kering kita sempurna atau tidak.


Baca juga cara membuat lainnya :
  1. Cara Membuat Kue Nastar Keju
  2. Cara Membuat Kue Nastar Nenas/Nanas
  3. Cara Membuat Kue Nastar Lebaran
  4. Cara Membuat Selai Nenas/Nanas
  5. Cara Membuat Cake Sederhana n Lembut
  6. Cara Membuat Kue Cake Coklat
  7. Cara Membuat Cake Keju
  8. Cara Membuat Cake Ulang Tahun
  9. Cara  Membuat Bolu Cake (Kue Bolu) 
  10. Cara Membuat Rainbow Cake (Kue Pelangi)