Cara Membuat Blog WordPress Sendiri, Cepat dan Tanpa Guru

Cara membuat blog wordpress sendiri, cepat dan tanpa guru. Kedengarannya menarik. Ya, kali ini saya akan memberikan turorial dan teknik-tekniknya agar mudah langsung dipraktekkan. Blog wordpress adalah salah satu jenis blog gratisan yang banyak digemari blogger selain blogspot. blog wordpress juga jenis blog yang sedikit lebih rumit pengaturannya dibandingkan dengan menggunakan platform blogger. Itulah sebabnya blogger profesional lebih banyak menggunakan jenis blog ini. Hanya saja kekurangan wordpress adalah tidak memberikan fasilitas mengganti domain jadi dot com secara gratis, melainkan harus membayar sebesar $19. Tapi dari segi kualitas SEO-nya menurut banyak pakar jauh lebih baik.

Sebelum menjelaskan langkah dan proses dalam membuat blog wordpress sendiri, sedikit saya sampaikan mengenai sejarah lahirnya Wordpress ini. WordPress adalah sebuah perangkat pembuatan blog yang sifatnya terbuka atau dikenal dengan istilah CMS yang open source yang namanya sangat populer dikalangan blogger dan dipakai sebagai mesin blog. Blog WordPress dibuat dengan bahasa pemrograman PHP serta basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, kedua bahasa pemrograman ini merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog gratisan, WordPress juga mulai dikembangkan dan dibagi sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kelebihan dan kemampuannya untuk diedit dengan keinginan penggunanya. WordPress juga penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress pertama kali diusulkan oleh Christine Selleck, sahabat ketua pengembang (developer), Matt Mullenweg.
Cara Membuat Blog WordPress Sendiri
Cara Membuat Blog WordPress

Cara Membuat Blog WordPress Sendiri, Cepat dan Tanpa Guru

1.    Kunjungi situs resmi wordpress untuk indonesia id.wordpress.com atau  en.wordpress.com untuk pembuatan blog berbahasa Inggris.

2.    Lengkapi form pendaftarannya secara Gratis. Jangan sampai ada yang kososng untuk yang bertanda bintang merah. Dan isilah sesuai dengan data berikut :
  • Nama Pengguna : Tuliskan sesuai dengan nama atau tema blog yang akan dibuat minimal 4 huruf atau angka bisa. Contohnya : carabikin.wordpress.com. Hanya saja aturannya tidak boleh menggunakan spasi, dan hanya bisa dengan huruf dan angka saja.
  • Kata Sandi : isi dengan password unik yang mudah dihafal minimal 6 huruf atau angka
  • Konfirmasi : ketik ulang password di atas kembali.
  • Email Address : isi dengan alamat email yang masi aktif.
  • Legal flotsam : Centang saja sebagai syarat bahwa kamu setuju dengan semua ketentuan pihak WordPress.
3.    Kasi tanda titik pada kotak tersedia dengan kata “Berikan aku blog! (Seperti namauser.wordpress.com)

4.    Pada bagian kiri bawah di halaman tersebut tinggal klik 'Berikutnya'

5.    Di halaman berikutnya, akan muncul tampilan Nama Domain Wordpress. Jika nama pemilik akunnya tepat, maka nama tersebut akan menjadi nama domain atau alamat blog kamu juga. Misalnya saja nama yang kamu pilih adalah masterCara, maka domainnya atau alamat blog wordpressmu adalah mastercara.wordpress.com. Akan tetapi, jika nama akunnya sudah dipakai orang, maka akan muncul pesan “Maaf, blog tersebut sudah ada!” . Maka langkah selanjutnya jika terjadi hal semacam itu kamu tinggal mencari nama blog lain kemudian klik SignUp. Contohnya, jika MasterCara sudah dipakai, tinggal ganti saja dengan MasterCara1 dan lain sebagainya.

6.    Judul Blog : Kamu dapat mengganti Judul blog wordpressmu sekarang atau nanti setelah jadi. Judul ini akan muncul di bagian header atau atas blogmu, seperti blog ini judulnya adalah 'Cara Membuat'.

7.    Bahasa : Pilihlah Bahasa yang sesuai bahasamu atau pilih Indonesia sebagai bahasa yang sering dipakai saat menulis artikel blog. Tapi bila senang dengan bahasa Inggris tak masalah.

8.    Privasi : Perhatikan tanda titik dalam kotak. Kalau belum ada titiknya silahkan dikasi, tapi biasanya sudah diberi tanda secara otomatis.

9.    Klik Sign Up. Dan pada halaman selanjutnya akan muncul pesan yang meminta Anda membuka email untuk melakukan konfirmasi pendaftarannya dengan cara mengklik link konfirmasi pendaftaran wordpress dalam email tersebut. Dan sampai disini blog wordpressmu sudah jadi. Tinggal login menggunakan email/nama akun dan password yang dibuat pada langkah awal di atas.

Cara Login dan Membuat Tulisan Blog Setelah Membuat Blog Wordpress
  1. Setelah akun wordpress selesai dibuat dan kamu mau mulai menulis artikel pertamamu maka tentu kamu harus login dulu. Caranya ketikkan alamat http://id.wordpress.com/ aratu seperti ini : http://namablogmu.wordpress.com/wp-login.php atau misalnya http://carabuat.wordpress.com/wp-login.php
  2. Ada dua kolom yang harus diisi jika ingin login yaitu kolom untuk isi nama akun dan kolom  untuk mengisi password blogmu.
  3. Selanjutnya, jika nama akun dan password yang diketik benar kamu akan masuk pada halaman utama pengaturan blog wordpressmu.  Tinggall klik icon berbentuk pensil yang ada di sidebar kiri untuk memulai menulis artikel pertamamu.
Demikian Cara Membuat Blog WordPress Sendiri, Cepat dan Tanpa Guru kali ini. Intinya, selalu lakukan update agar blogmu banyak dikunjungi orang. selain itu terapkan tutorial trik seo dari ebook rahasia halaman pertama google buatan www.inabuy.com yang sudah mendunia dan paling banyak digunakan oleh blogger seluruh Indonesia. Selain itu selalu mengunjungi blog ini akan memberikan pengetahuan yang banyak soal bagaimana cara membuat blog agar sukses dan menghasilkan uang dari internet.

Baca juga cara membuat lainnya :
  1. Cara Membuat Blog Toko Online Blogspot 
  2. Cara Membuat Blog SEO Friendly 
  3. Cara Membuat Blog Jadi Profesional 
  4. Cara Membuat Blog Menghasilkan (Penghasilan Dari Blog) 
  5. Cara Membuat Template Blog Sendiri+
  6. Cara Membuat Blog Keren Menarik 
  7. Cara Membuat Blog Wordpress
  8. Cara Membuat Twitter (Daftar Twitter)
  9. Cara Membuat Fanpage Facebook
  10. Cara Membuat Blog Blogspot di Blogger Terlengkap
  11. Cara Membuat Blog Jadi Menarik
  12. Cara Membuat Blog Ranking 1 Di Google
  13. 4 Cara Membuat Blogspot Jadi Dot Com. Ada 2 cara :
  1. Cara Membuat Settign Domain Dot Com Ke Blogspot
  2. Cara Membuat Setting Blogspot jadi Dot Com