Cara Membuat Anak Tidak Nakal - Bandel+

Cara membuat anak tidak nakal - bandel perlu dilakukan beberapa usaha. Bukan hanya usaha yang sifatnya ilmiah, tapi juga ikhtiar berbentuk ruhaniah yang efeknya sudah banyak dirasakan oleh para Ibu yang memiliki anak nakal. Usaha-usaha tersebut tidak hanya dilakukan saat anak telah lahir, dan bahkan saat anak masih dalam kandungan sudah dapat diusahakan untuk menciptakan anak yang sabar dan tidak nakal.

Anak menjadi nakal sebenarnya pengaruh terbesar adalah dari dalam diri anak itu sendiri, yaitu dari kepribadian dan mentalnya. Itulah sebabnya dalam agama sejak dini, dan bahkan sebelum seseorang menikah sudah diajarkan bagaiaman cara membuat agar anaknya nantinya tidak bandel. Nah, berikut ini akan diajarkan tahap-tahap pendidikan dalam membentuk atau membuat anak tidak nakal.

Cara Membuat Anak Tidak Nakal - Bandel Dimulai Sebelum Menikah

Menghindari Makanan Haram. Mungkin banyak orang tua yang heran mengapa anaknya yang masih kecil, dan bahkan masih berusia 3 tahun sudah sangat nakal dan tidak mau mendengar saat diberi pengertian. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi hal tersebut adalah makanan yang dikomsumsi orang tuanya saat masih mudah. Terlalu sering mengkomsumsi makanan haram yang sifatnya terlarang, seperti binatang buas akan mempengaruhi gen anak itu sendiri. Secara tidak langsung sifat binatang tersebut akan menjadi bagian dari orang yang memakannya dan tentunya menurunkannya nantinya pada anaknya saat ia melakukan hubungan suami istri. Haram di sini juga berarti makanan-makanan milik orang lain yang diambil dan dikomsumsi secara curang. Dalam agama dikatakan bahwa makanan secuil pun kalau sifatnya haram akan sangat berdampak pada tubuh seseorang. Dan lagi-lagi makanan tersebut menjadi cikal bakal terbentuknya gen buruk yang mempengaruhi sikap dan kelakuan anak anda nantinya.
Cara Membuat Anak Tidak Nakal Bandel
Cara Membuat Anak Tidak Nakal / Bandel

Berbuat dan bersikap selayaknya anak yang baik. Tak bisa dipungkiri bahwa sekalipun tidak 100 % terjadi pada setiap anak, orang tua yang sifatnya buruk cenderung juga akan mempengaruhi sifat anaknya nantinya. Banyak orang tua yang bahkan sudah menikah sekali pun masih bersikap buruk, nakal, tidak jujur dan sifat jelek lainnya yang. Anjuran ini bukan hanya disarankan dalam ajaran agama tapi juga dalam ilmu kedokteran dan psikologi bahwa karakter orang tua lebih kurangnya akan sangat berpngaruh pada sikap dan prilaku anaknya nantinya. Kalau orang tuanya selalu melakukan sikap-sikap 'nakal' (diluar aturan) tentu anaknya juga akan berprilaku demikian nantinya.

Memilih pasangan yang sifatnya baik. Saat ini banyak sekali anak muda yang berpacaran tanpa melihat siapa dan bagaimana sikap dan kelakuan pacarnya. Padahal dari sekian persen orang yang berpacaran, akhirnya menjadi pasangan suami istri. Dan faktanya juga, orang yang berpacaran cenderung kalau sudah 'cinta' tidak lagi memperdulikan bagaimana keadaan pasangannya. Makanya, jangan heran nantinya kalau anak yang dilahirkan nakal seperti halnya saran nomor 2 di atas bahwa sifat orang tuanya cenderung diturunkan pada anaknya. Jadi, pilihlah dengan seksama pasanganmu sebelum menikahinya karena kalau faktor 'anak nakal'nya dari dalam akan sangat sulit dihilangkan.

Cara Membuat Anak Tidak Nakal - Bandel saat Dalam Kandungan.

Menjaga Prilaku Saat Ibu Hamil. Janin dalam kandungan seorang ibu sekalipun berada dalam tempat tertutup bukan berarti ia tidak bisa menggunakan indranya sama sekali. Khususnya pendengaran, janin yang telah terbentuk minimal 4 bulan sudah bisa menangkap berbagai suara dari luar. Tidak terkecuali pada ibunya, sedikit atau banyak tindakan dan ucapan-ucapan ibunya sudah menjadi pendidikan awal yang akan diterimanya sebelum lahir. Jadi bila seorang ibu hamil tidak menjaga sikap dan ucapannya bukan tidak mungkin akan mempengaruhi sifat bayinya, termasuk pula jika anak menjadi nakal nantinya. Karena kita semua sudah sepakat dengan hasil penelitian yang membuktikan bahwa memperdengarkan musik tertentu pada bayi yang masih dalam kandungan akan berpengaruh pada kecerdasan seorang bayi nantinya, maka begitu pula pada ucapan-ucapan buruk ibunya tentu akan berakibat buruk pula.

Mengkomsumsi Makanan Yang Halal Saat Hamil. Berbeda dengan penjelasan sebelumnya soal makanan seorang yang belum menikah yang dapat mempengaruhi anak itu nakal atau tidak. Pada saat hamil, waktu menjaganya cukup singkat, hanya saja pengaruhnya akan jauh lebih berdampak dan lebih besar kemungkinan terjadi. Mengapa demikian? karena saat ibu hamil makanan yang dimakan langsung dibagi dan dikomsumsi oleh si janin juga. Jadi kalau makanan yang dimakan haram dan tidak jelas sumbernya tentu dampaknya pada sifat anak akan sangat besar, khususnya dalam membuat anak nakal sejak masih kecil.

Melakukan Terapai Psikolog agar 'Anak Tidak Nakal'. Terapi psikolog di sini adalah dengan memberikan wejangan-wejangan kepada janin berupa kata-kata nasehat. Sekalipun janin tidak dapat merespon ucapan-ucapan nasehat anda jika anda berkata "jangan nakal" misalnya, tapi ucapan tersebut akan tertanam pada alam bawah sadarnya dan akan berpengaruh saat dinasehati diwaktu sudah masa kanak-kanak. Caranya, duduklah sambil mengelus-ngelus perut anda dan mengucapkan kata-kata nasehat yang baik.

Cara Membuat Anak Tidak Nakal - Bandel Saat Anak Masih Bayi

Memberikan 'Isyarat Larangan' secara Konsisten. Jika anak sudah mulai terlihat nakal tapi belum bisa berbicara dan menangkap maksud dari setiap ucapan ibunya, maka cara terbaik dalam menghentikan kenakalan anak adalah dengan cara memberikan larangan berupa isyarat, sseperti menggeleng-gelengkan kepala atau merubah raut muka seperti orang yang sedang marah. Hanya saja, jangan pernah merubah maksud dari setiap larangan tersebut, kalau lagi marah, ya harus dengan mimik marah dan bukan seperti orang tertawa. Intinya selalu konsisten dengan yang telah anda buat. Dengan demikian setiap anak ingin berbuat nakal dan diberi isyarat tersebut akan mudah paham
Memberikan Contoh Kongkrit. Cara membuat anak tidak nakal yang satu ini gampang-gampang susah karena disamping harus memberikan contoh yang nyata, kita juga harus jujur dan tidak berbohong. Anak yang nakal - bandel akan lebih bisa menerima larangan anda kalau disertai dengan contoh-contoh dibanding hanya dengan penjelasan saja.

Memberikan hukuman yang sesuai standar umur anak. Jika telah melakukan semua usaha yang dijelaskan di atas dan anak tetap saja nakal, maka tak ada salahnya memberikan hukuman yang sifatnya mendidik. Misalnya saja umurnya baru 5 tahun, maka pilihlah hukuman misanya mengurangi waktu bermainnya di hari itu dan lain sebagainya. Tapi selain hukuman, berikan pula penjelasan mengapa ia dihukum agar ia mudah mencerna maksud dia dihukum oleh ibunya.

Demikian cara membuat anak tidak nakal - bandel kali ini. Sebagai saran saya, jika anda sudah terlanjur berada pada keadaan anak sudah agak besar, antara umur 3-7 tahun dan merasa tidak kuasa membendung kenakalan anak anda maka sebaiknya hindari pemukulan, dan dahulukan nasehat-nasehat yang ringan yang mudah ia mengerti. Terus ulang-ulang nasehat anda, apakah disaat makan, sebelum bermain dan lain sebagainya. Dengan demikian hati anak anda akan semakin lembut dan mudah dikendalikan kenakalannya.

Baca juga cara membuat lainnya :
  1. Cara Membuat Anak Rajin Belajar (Motivasi dan Trik)
  2. Cara Membuat Anak Rajin Belajar (Bagian II)
  3. Cara Membuat Anak Tidak Nakal
  4. Cara Membuat Anak Rajin Membaca  
  5. Cara Membuat Anak Berprestasi
  6. Cara Membuat Anak Pintar
  7. Cara Membuat Anak Kembar
  8. Cara Membuat Anak Laki-Laki
  9. Cara Membuat Anak Perempuan