Cara Membuat Anak Rajin Membaca (Sejak Kecil)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg94m0UyKJzXkqwNWKszLIoObd0AJQQ3yCyAP3bJRlagu4wHu_VLpQVMR6penhxI40dtufC3PIrP3jMnPvdSY0GcixHFmW474kCgHBLpCZagkt5BUgyUE3_mvAvo8QDwTLtACBXCEMiDhaf/s1600/cara-mengajari-anak-membaca-cepat.jpgCara membuat anak rajin membaca (Sejak Kecil)
adalah usaha yang sangat diwajibkan oleh seorang ibu maupun ayahnya. Sebab dengan anak rajin membaca akan memberikan peluang besar pada anak untuk berkembang menjadi anak yang lebih pintar dan berprestasi nantinya. Dengan banyak membaca, selain anak akan banyak tahu tentang segala hal, anak juga akan termotivasi dari bacaan-bacaan yang dibacanya. Betapa banyak kisah orang sukses yang kita dengar yang awalnya karena membaca buku. Begitupulalah kita seharusnya membangun anak kita dengan rajin membaca.

Betul tidak salah tuhan dalam agama Islam menurunkan wahyu paling pertamanya dengan kata 'Iqra' (Bacalah). Sebab sebagai seorang manusia segala sesuatunya menjadi rahasia sejak pertama kali ia terlahir di bumi ini sampai ia membacanya. Membaca dari alam maupun dari buku-buku yang bermanfaat.  Sedangkan pengertian membaca sendiri adalah upaya memahami suatu teks dengan cara mencerna susunan kata-kata dan kalimatnya menjadi suatu makna. dan dengan makna tersebut seseorang dapat memperoleh hasila dari bacaannya.

Cara Membuat Anak Rajin Membaca (Sejak Kecil)

Motivasi anak dengan kata-kata yang memberi semangat untuk tahu sesuatu, sangat berdampak untuk membuat anak rajin membaca. Misalnya, anda katakan "Sudah tau belum kenapa malam gelap?" atau pertanyaan-pertanyaan lainnya yang dapat membangun semangatnya. Tapi, sebelum menanyakan hal-hal semacam itu anda sudah punya semacam buku-buku bacaan ringan untuk ia baca atau paling tidak jawabannya yang bisa anda jelaskan dan diujungnya diarahkan membaca ini dan itu.
Cara Membuat Anak Rajin Membaca (Sejak Kecil)
Cara Membuat Anak Rajin Membaca

Bawa anak ke tempat menarik seperti kebun binatang, museum dan lain sebagainya. Di saat anda dan anak anda jalan-jalan di tempat tersebut berusahalah menjadi teman ngobrol yang baik untuknya sambil anda memotivasinya dengan ilmu-ilmu yang seharusnya ia tahu dari tempat tersebut. Misalnya, ketika melihat gajah di kebun binatang, anda bertanya "Sudah tahu belum, berapa tahun gajah menyusui anaknya?" Dan jika ia bertanya kembali apa jawabannya, maka cukup katakan "Nanti setelah balik dari sini kita singgah di toko buku, tuk beli bukunya biar kamu tahu jawabannya" Nah, dengan  demikian anak akan termotivasi untuk tahu dan rajin membaca dengan cara ini.

Berikan contoh bahwa rajin membaca itu baik dengan anda juga rajin membaca. Cara terbaik dalam menyampaikan sesuatu, bukan hanya dalam cara membuat anak rajin membaca, adalah dengan mengajak melalui perbuatan dan bukan hanya kata-kata saja. Dengan menunjukkan kebiasaan anda membaca maka dengan sendirinya anak akan menilai bahwa membaca adalah kegiatan yang baik dan menyenangkan. Hal ini bisa dilakukan dengan anda sering membaca koran, majallah atau untuk jaman sekarang browsing bacaan menarik dari internet.

Mulai dari kecil sebaiknya bacakan dongeng-dongeng menarik buat anak untuk menstimulasi agar anak rajin membaca. Telah terbukti bahwa anak yang sering dibacakan dongeng saat sebelum tidur atau di malam hari akan lebih cepat pintar membaca karena dongeng yang anda baca akan berusaha diketahui oleh anak tersebut kelanjutan ceritanya sehingga mau tidak mau ia akan berusaha membaca sendiri dongengnya.

Buat anak rajin membaca dengan membuat permainan yang menstimulasi anak membaca. Misalnya anda membuat permainan pencarian harta karun dimana petunjuknya disediakan tulisan yang agak panjang di setiap tempat anda menyimpan petunjuknya, kurang lebih 3 paragraf setiap petunjuk. Dengan demikian mau atau tidak mau anak akan membaca dan mengikuti setiap petunjuk yang anda buat. Selain itu, dalam permainan tersebut dapat mengasah kemampuan anak dalam menganalisa maksud suatu bacaan karena setiap bacaan disertakan kalimat-kalimat yang mengandung petunjuk dari langkah menemukan harta karun selanjutnya.

Beli buku buat anak yang sesuai dengan kegemarannya di salah satu acara TV. Misalnya, anak anda menyukai cerita Naruto, maka anda bisa membeli buku bacaan atau komik yang sesuai dengan acara TV tersebut. Cara membuat anak rajin belajar yang satu ini bisa dibilang sangat jitu karena bukannya anda yang memaksa anak membaca dan bahkan anak anda sendiri yang akan meminta kepada anda untuk membelinya.

Sampaikan pada anak buku menarik yang telah anda baca. Dengan sedikit menceritakan hal-hal menarik yang telah anda baca dalam buku tersebut dengan sendirinya anak akan terpancing untuk mengetahuinya juga dengan cara membacanya sendiri. Tapi, cukup sampaikan sebagian saja dan jangan disampaikan secara keseluruhan hal-hal menariknya biar dia makin penasaran untuk membacanya sendiri. Dengan teknik stimulasi satu ini diyakini akan sangat mempengaruhi dalam membuat anak rajin membaca buku.

Selalu mengajak anak anda ke tempat-tempat yang ada hubungannya dengan membaca, misalnya di perpustakaan atau toko buku. di tempat tersebut cukup biarkan anak berkeliling melihat-lihat buku di tempat tersebut, dan jika ada buku baik yang disenanginya maka anda tinggal membelinya dan dibaca bersama-sama dirumah setiap harinya.

Motivasi anak agar rajin membaca buku dengan cara memberi target tamat membaca buku tertentu. Dan apabila ia selesai membaca buku yang ditargetkan, berikan dia hadiah menarik yang disenanginya. Misalnya anda mengatakan, "kalau kamu berhasil menamatkan membaca buku ini dan banyak tahu isinya, akan ibu belikan mainan kesukaanmua!" Dengan demikian motivaasi tersebut akan tertanam dalam benaknya dan lambat laun akan membuat ia jadi seorang anak pencinta buku / kutu buku.

Sesekali berikan hadiah berupa buku bacaan yang menarik baginya untuk ulang tahunnya atau untuk prestasi yang telah dicapainya. Tapi agar anak merasa tidak terlalu dipaksa membaca buku, maka untuk sementara berikan buku tersebut sebagai pelengkap dari hadiah utamanya saja. Dan jangan jadikan sebagai satu-satunya hadiah ulang tahunnya. Karena pasti ai akan marah dan jangankan rajin membaca, menyentuh bukunya saja tidak akan dilakukannya.

Jangan memaksa anak membaca buku. Sekalipun kami sudah memberikan tips-tipsnya di atas bagaimana cara membuat anak rajin membaca buku, bukan berarti anda harus memaksakan semua tips-tips tersebut kepadanya. Lakukan secara bertahap dengan teknik-teknik yang lebih halus dan tidak terkesan memaksa baginya. Dan jika ia jenuh sesekali ajaklah ia bermain bersama. Saya rasa tips terakhir ini juga sebagai kunci dari semua tips di atas.

Demikianlah cara membuat anak rajin membaca kali ini. Intinya, carilah berbagai cara untuk membuat anak anda termotivasi dan lakukan secara perlahan. Yang terpenting anda berusaha untuk membuat mereka termotivasi sudah sangat cukup dalam membuatnya menjadi penggemar buku, dan bahkan kutu buku yang kerjanya hanya membaca setiap harinya. Berikan saran anda kalau ada tips lain seputar tema ini. Thanks!

Baca juga cara membuat lainnya :
  1. Cara Membuat Anak Rajin Belajar (Motivasi dan Trik)
  2. Cara Membuat Anak Rajin Belajar (Bagian II)
  3. Cara Membuat Anak Tidak Nakal
  4. Cara Membuat Anak Rajin Membaca  
  5. Cara Membuat Anak Berprestasi
  6. Cara Membuat Anak Pintar
  7. Cara Membuat Anak Kembar
  8. Cara Membuat Anak Laki-Laki
  9. Cara Membuat Anak Perempuan