Cara Membuat Anak Berprestasi di Sekolah dan Di Lingkungannya

Cara membuat anak berprestasi di Sekolah dan Di Lingkungannya bisa diusahakan oleh setiap ibu atau orang tua. Orang tua yang berpendidikan bukan jaminan dalam membuat anak berprestasi di sekolah dan lingkungannya, sebab tugas orang tua dalam menghasilkan anak yang pintar atau cerdas bukan dengan mentransfer ilmunya ke anaknya, tapi dengan memberi motivasi dan stimulasi agar anaknya mau berusaha dengan gigih meraih cita-citanya.

Anak berprestasi pada dasarnya diciptakan, bukan dilahirkan. Dengan kata lain, jika ingin mempunyai anak berprestasi maka harus diusahakan dengan berbagai hal oleh orang tuanya. Nah, dalam artikel dan pembasan ini akan diberikan tips-tipsnya agar orang tua, khusunya para ibu, tahu apa yang harus dilakukan nantinya. Tapi sebelum itu kita tahu dulu apa pengertian berprestasi itu sendiri. Pengertian anak berprestasi  berarti anak tersebut telah dapat mencapai sesuatu yang dikejar dan diimpikannya. Berprestasi dalam hal ini bukan hanya dalam hal dilihat banyak orang dan mendapat piala, tapi berprestasi bisa saja dalam hal target anak tercapai dan menjadikannya puas, misalnya berprestasi dalam hal mengatur waktu belajarnya sehingga nilainya di sekolah bagus atau berprestasi dalam hal perlombaan buat kue, maupun keagamaan dan sebagainya

Tips Cara Membuat Anak Berprestasi di Sekolah dan Di Lingkungannya
Cara Membuat Anak Berprestasi di Sekolah dan Di Lingkungannya
Anak Berprestasi Indonesia

A. Cara Membuat Anak Berprestasi mulai Saat ibu mengandung dalam ilmu kedokteran disarankan beberapa tindakan untuk menciptakan anak yang memiliki kemampuan berpikir di atas normal yang sangat mempengaruhi ia berprestasi nantinya. Beberapa fakta dilapangan menunjukkan bahwa:
  1. Dengan memutarkan musik-musik klasik maupun musik-musik dengan nada lembut dapat meningkatkan kecerdasan berpikir anak ketika ia telah memasuki usia kanak-kanak, khususnya pada saat ia mulai sekolah.
  2. Dengan memberi asupan DHA yang sempurna juga sangat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak saat masih dalam kandungan. Saya pribadi yang telah memiliki anak telah merasakan dampak dari saran tersebut. Dan saya sarankan bagi ibu-ibu yang sedang mengadung yang ingin membuat anaknya berprestasi agar mengkomsumi DHA minyak ikan yang dibeli di apotik dengan merek Nulacta atau Prolacta. Kedua produk ini sangat baik dalam membantu perkembangan otak anak yang tentunya berpengaruh juga pada usaha anak berprestasi di sekolahnya jika ia sudah besar nanti.
  3. Dengan terapi stimulasi janin kandungan. Ya, mungkin anda belum tahu bahwa dengan mengelus-ngelus perut sambil bercakap-cakap ringan dengan calon bayi yang masih dalam kandungan dapat menstimulasi bayi dalam menangkap respon dari orang lain. Sebab, janin seklipun masih berada dalam kandungan ibunya sudah mempunyai kemampuan menyimpan memori-memori tersebut. Sehingga jika ini terus dilakukan hingga bayi lahir akan lebih mempercepat anak anda nantinya dalam berkembang dan belajar segala sesuatu dibanding anak seumurannya yang tentunya juga besar pengaruhnya dalam membuat anak berprestasi di kemudian hari.
B.  Cara Membuat Anak Berprestasi mulai saat anak masih bayi hingga ia masuk sekolah merupakan waktu emas dalam melakukan usaha pembentukan anak berprestasi sebab waktu itulah perkembangan otak sangat drastis dibanding ketika anak sudah berusia 4 tahun ke atas. Seorang bayi yang baru mulai berjalan mampu merekam kata-kata yang ia dengar hingga ribuan kata per harinya. Sehingga jika moment penting ini dilewatkan begitu saja dengan tidak menstimulasi anak mendengarkan berbagai hal penting yang ia perlu ketahui dan yang ia mulai pikirkan maka akan sangat mempengaruhi perkembangan otaknya.
  1. Dengan stimulasi pengulangan dan gerak cepat dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak, dan bahkan sebelum anak bisa berjalan. Ada sebuah kisah nyata seorang ibu di neger i Sakura, Jepang, yang sangat sibuk dalam karirnya yang tidak bisa menemani anaknya seharian berinisiatif memperlihatkan gambar-gambar binatang dan angka pada anaknya yang masih duduk di kereta setiap paginya sebelum ia bekerja dengan cara memperlihatkan gambar-gambar tersebut sambil menyebutkan namanya dan mengantinya dengan cepat secara berulang ulang. Dan ternyata, setelah anaknya besar ia menemukan satu kelebihan pada anaknya - setelah ia menguji IQ-nya di suatu lembaga - yang menyatakan bahwa anaknya memiliki IQ di atas rata-rata dibanding anak lainnya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa stimulasi semacam ini sangat besar pengaruhnya pada perkembangan otak anak sebab dapat membuat otak anak bekerja dengan cepat ketika melihat gambar-gambar yang ia lihat berganti dengan cepat secara berulang-ulang yang ujung-ujungnya berpengaruh pada prestasi anak nantinya.
  2. Dengan bermain ketangkasan pada anak yang telah dapat berjalan dan berbicara dapat membantu anak mengembangkan kreatifitasnya yang merupakan cikal bakal seorang anak berprestasi. Permain seperti menyusun gambar dan menata puzzle salah satu cara terbaik untuk tips ini.
  3. Dengan motivasi kata-kata ringan pada anak setiap hari saat bermain bersama anak dan saat anak sebelum tidur akan sangat berpengaruh dalam membentuk karakter anak berprestasi sebab anak yang diperlakukan seperti itu akan besemangat menjalani hari-harinya dan merasa diperhatikan oleh orang tuanya.
C.  Cara Membuat Anak Berprestasi Saat anak mulai bersekolah dan menjalani aktivitasnya di sekolah
  1. Motivasi anak belajar setiap hari tidak boleh tidak dilakukan karena seperti pada paragraf pertama bahwa orang tua yang cerdas sekalipun tidak menjadi penentu bahwa anaknya akan berprestasi karena orang tua hanya membantu mewujudkannya dan bukan mentrasfer ilmunya pada anaknya.
  2. Kontrol hasil belajar anak dan pecahkan masalahnya. Anak yang tidak diperhatikan belajarnya dan dibiarkan begitu saja setiap hari akan menyebabkan anak bebas berbuat tanpa dibatasi yang pada akhirnya akan membuat anak malas dan tidak mempunyai cita-cita untuk berprestasi di sekolahnya.
  3. Ajak anak mengikuti setiap perlombaan yang ada di sekolah dan dilingkungannya merupakan usaha pembuktian dari semua usaha-usaha yang telah dilakukan sejak anak masih dalam kandungan untuk menciptakan anak berprestasi yang tentunya tetap dipengaruhi oleh hasil belajar yang dilakukannya di sekolah setiap hari. Ikutkan saja anak anda pada setiap perlombaan yang ada dan anda nanti bisa melihat dimana minat dan bakat yang paling tepat ia jalani untuk selanjutnya.
  4. Motivasi anak setiap kali gagal dalam meraih impiannya merupakan kunci dari semua usaha yang dilakukan. Kegagalan yang dialaminya bukan merupakan petaka baginya tapi awal dari kesuksesannya dalam menjadi anak berprestasi. Untuk itu, anda juga jangan sampai putus asa dalam memberinya semangat.
Demikianlah tips cara membuat anak berprestasi di Sekolah dan Di Lingkungannya kali ini. Dan jika ingin mewujudkan impiam tersebut sesuai rencana anda maka bantu anak anda dengan mengikutkannnya di berbagai kursus-kursus keterampilan yang bisa mengasah kemampuannya setiap harinya.

Baca juga cara membuat lainnya :
  1. Cara Membuat Anak Rajin Belajar (Motivasi dan Trik)
  2. Cara Membuat Anak Rajin Belajar (Bagian II)
  3. Cara Membuat Anak Tidak Nakal
  4. Cara Membuat Anak Rajin Membaca  
  5. Cara Membuat Anak Berprestasi
  6. Cara Membuat Anak Pintar
  7. Cara Membuat Anak Kembar
  8. Cara Membuat Anak Laki-Laki
  9. Cara Membuat Anak Perempuan