Modifikasi 3 Template Valid HTML5

Pertama saya akan jelaskan dulu apa itu HTML5 dan kenapa kita harus memakai HTML versi terbaru? HTML sendiri adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language. HTML bukanlah termasuk bahasa pemrograman, karena struktur yang dimilikinya dianggap terlalu sederhana, kode-kode yang dibaca oleh browser baris per baris, dari atas ke bawah. HTML juga tidak mempunyai struktur pemrograman yang umum ada pada sebuah bahasa pemrograman standar. HTML hanyalah kumpulan dari beberapa instruksi yang dapat dipakai untuk merubah format suatu naskah atau dokumen.

Saat ini HTML telah menjadi standar yang banyak digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web atau situs. HTML juga bisa diartikan sebagai kumpulan simbol-simbol atau tag-tag yang dituliskan dalam sebuah file yang dimaksudkan untuk menampilkan halaman pada web browser. Oleh karena itu, untuk dapat membuka dokumen yang ditulis dalam format HTML maka kita perlu sebuah tool yaitu berupa browser seperti Opera, Mozilla, Google Chrome, Internet Explorer dan lain-lain.

Tentang HTML5 dan Fungsinya

Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, format HTML pun dituntut mampu memberikan informasi yang akurat untuk setiap dokumen yang dibaca. W3C atau Word Wide Web Consortium sebagai pengembang XHTML 2.0 dan WHATWG sepakat untuk bekerja sama membuat HTML versi terbaru, yaitu HTML5. Pengembangan format HTML menjadi HTML5 bertujuan untuk memperbaiki teknologi HTML agar dapat mendukung teknologi multimedia terbaru. Selain itu HTML5 dapat mengurangi penggunaan plugin-plugin third party pada HTML sehingga dapat mempercepat kinerja sebuah web atau situs. Plugin-plugin tersebut misalnya Microsoft Silverlight, Adobe Flash, Java dan sebagainya.

Bagi pengembangan website atau blog, format HTML5 juga memberikan beberapa kemudahan, misalnya pada bagian awal file HTML sebelumnya kita harus menulis coding DOCTYPE yang panjang, seperti ini :
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd"> 
 Pada HTML5, DOCTYPE dapat ditulis lebih ringkas
<!DOCTYPE html> 
Kemudian pada baris berikutnya HTML lama biasanya seperti ini
<html expr:dir='data:blog.languageDirection' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'> 
Versi HTML5 bisa lebih simple menjadi
<html expr:dir='data:blog.languageDirection'> 

Validitas HTML sebuah Blog

Sekarang kita menuju ke validasi HTML, validitas sebuah situs atau web bukanlah merupakan suatu keharusan. Awalnya saya bingung, kenapa sih blog mesti valid struktur HTML nya? Kenyataan memang dari beberapa situs besar, bahkan Google sendiri mempunyai sekian puluh error dalam halamannya. Tetapi mempunyai Page Rank tinggi, lalu kenapa kita harus memikirkan Validasi HTML? Apakah Validasi HTML yang biasa ditest melalui validator W3C itu berpengaruh pada Search Engine Google?

Silahkan cari sendiri alasannya di internet ya, soalnya sampai saat ini masih terjadi pro kontra, apakah validitas sebuah blog perlu atau tidak. Kalau saya sih perlu, coba sekarang silahkan cek di Google Analytics, ada bermacam-macam jenis browser yang telah mengakses blog anda. Disitu Anda akan kehilangan beberapa persen pembaca yang kesulitan melihat blog anda dari browser mereka. Maka validasi HTML akan menjamin tampilan blog akan sama di semua browser. Melalui validasi html, semua browser, bahkan yang paling tua sekalipun akan bisa membaca dokumen blog yang Anda kelola dengan mudah

Wah artikel ini bakalan panjang, saya cut sampai disini penjelasan tentang HTML5 dan validasi HTML. Bagi yang masih percaya kalau validitas HTML sebuah blog sangat berpengaruh pada artikel kita di mata SERPs atau SEO, yah silahkan dibuat se-minimal mungkin error margin pada kode HTML Anda. Bagi yang tidak begitu peduli dengan validitas ya silahkan saja, tidak apa-apa. Sebagai kesimpulan, adalah sebuah gagasan yang bagus untuk memiliki validasi HTML pada situs Anda untuk memeriksa kesalahan dan membersihkan coding yang tidak perlu. Dan bagi Anda yang ingin mencoba keberuntungan apakah blog yang Anda kelola Valid HTML atau tidak, silahkan menuju link dibawah ini :


Modifikasi Template Tipe Magazine Valid HTML5

Setelah nulis muter-muter tidak ada ujung pangkalnya, sekarang saya akan bagikan kepada Anda disini, 3 buah template lama dari Creating Website yang tadinya masih memakai format HTML lama, saya ganti menjadi HTML5 dan yang pasti validitasnya bisa dicek nanti. Bentuk dan model template ini sama persis dengan yang sudah saya bagikan tidak ada yang berubah, tapi codingnya yang berbeda, silahkan langsung saja :

Johny Sompret Banget

banget




Johny Kena Banned

johny kena banned




Johny Sompret

johny sompret




Ketiga template diatas, sudah saya modifikasi sehingga valid secara HTML5. Bukan jaminan 100% jika Anda memakai ketiga template diatas, blog Anda juga akan mempunyai validasi HTML, semuanya tergantung pengguna. Paling tidak saya sudah membuang kode-kode error yang ada pada template-template diatas, Anda tinggal menyesuaikan jika ada penambahan kode di Edit HTML maupun pada widget. Silahkan dicoba bagi yang tertarik dan semoga bermanfaat.