Cara Membuat Permalink Blogspot Otomatis

permalink-Blog
Cara Membuat Permalink Blogspot Otomatis. Membuat Permalink Blogspot Otomatis atau permanen link merupakan alamat URL atau link yang permanen tentang suatu postingan.

Permalink blogspot penting untuk menambah link internal di artikel postingan kita. Karena permalink yang satu ini SEO Friendly sehingga mudah dibaca oleh google.
Permalink di blogspot dengan permalink di wordpress tentu berbeda, walaupun definisinya tetap sama. Jika di wordpress kita bisa mengaturnya dengan membuat /%postname%/ untuk lebih seo friendly, namun jika di blogspot kita tidak bisa menggunakannya.

Dibawah ini hasil dari gambar  Permalink (Permanen Link).

Permalink-Blogspot
Dengan membuat permalink yang otomatis ini, kita tidak perlu lagi menambahkannya secara manual dan ini juga akan lebih seo friendly. Sehabis kita share artikel Permalink otomatis langsung terpasang.

Berikut Membuat Permalink (Permanen Link) Blogspot Otomatis :
1. Ke akun Blogger Sobat.
2. Klik Rancangan > Edit HTML.
3. Beri tanda centang di Expand Template Widget.
4. Klik Download Template Lengkap untuk berjaga-jaga kalau nanti terjadi kesalahan kita dapat dengan mudah mengembalikan template seperti semula.
5. Cari kode ]]></b:skin>. Tekan Ctrl + F lalu isikan kode untuk mempercepat pencarian.
6. Copy kode di bawah ini lalu paste tepat di atasnya. 


.permalinkblogspot {border: 1px solid #EFF0F1; font-family: verdana; padding: 5px; background: #ffffff;-moz-border-radius:5px;} .permalinkblogspot a {background:none;} img.float-right {margin: 5px 0px 0 10px;} img.float-left {margin: 5px 10px 0 0px;}
h1.post-title, .post h1 #Blog1 h1, #Blog2 h1 { font-size:1.5em; }


7. Kemudian lanjutkan cari kode <data:post.body/> atau <p><data:post.body/></p>, lalu pastekan kode berikut di bawahnya :


<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><div class='permalinkblogspot'> <div style='text-align: justify;'><small>Artikel <strong><u><data:blog.pageName/></u></strong> ini, Sobat boleh menyebarkan-nya jika artikel <strong><data:blog.pageName/></strong> ini bermanfaat, namun jangan lupa meletakkan link <u><a expr:href='data:post.url'><data:blog.pageName/></a></u> sumbernya. <strong>Terima kasih telah Berkunjung</strong></small></div></div></b:if>


8. Simpan template, kemudian lihat hasilnya.
Catatan:

Jika blog Kita telah menggunakan readmore, akan ada 2 kode dari <data:post.body/>, silahkan pasang kode tadi di bawah kode yang kedua, atau kalau mempunyai Artikel Terkait bisa menambahkan langsung sebelum script Artikel terkait yang terpasang.
Cara Membuat Permalink Blogspot Otomatis