Kenali Jenis Pembakar Lemak & Manfaatnya Bagi Anda

Berat badan berlebih memang menjadi masalah yang kompleks bagi banyak orang. Seseorang yang memiliki bobot tubuh berlebih ternyata tidak hanya berisiko terkena jantung, tapi juga berisiko terkena penyakit diabetes dan bahkan degenerasi otak.

Berat badan berlebih biasanya dapat dicegah atau dikurangi dengan melakukan olahraga dan menjaga pola makan. Banyak pula di antara Anda yang mungkin menggunakan suplemen pembakar lemak untuk memaksimalkan program penurunan berat badan. Saat ini, banyak sekali produk suplemen pembakar lemak yang beredar di pasaran. Untuk mendapatkan hasil terbaik dengan mengkonsumsi pembakar lemak, Anda harus mengerti terlebih dahulu jenis-jenis suplemen pembakar lemak yang beredar di pasaran dan suplemen jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Berikut ini jenis-jenis suplemen pembakar lemak berdasarkan cara kerjanya dalam tubuh Anda.
Pembakar Lemak Thermogenik 
Suplemen berjenis thermogenic terbilang sangat populer di kalangan industri produk suplemen diet. Seperti asal katanya, istilah thermogenic berkaitan erat dengan temperatur atau suhu. Thermogenic, atau bahan pemicu panas tubuh bekerja dalam kandungan lemak dengan cara meningkatkan temperatur dalam tubuh. Suplemen ini memang dirancang untuk meningkatkan suhu tubuh, tingkat metabolisme dan jumlah pembakaran kalori. Meningkatnya metabolisme berarti meningkat pula jumlah kalori terbakar, bahkan ketika Anda beristirahat.
Jenis suplemen thermogenic yang banyak beredar di pasaran adalah xanthinol nicotinate, atau sejenis niacin (lebih dikenal sebagai vitamin B3). Di luar dari konteks penurunan berat badan, xanthinol nicotinate sering digunakan untuk pemulihan gangguan ingatan singkat serta peningkatan kemampuan refleks, terutama bagi kaum lanjut usia. Seperti jenis thermogenic lainnya, xanthinol nicotinate membantu meningkatkan aliran darah sehingga mampu mempercepat proses pemanasan suhu tubuh.
Pembakar Lemak Lipotropic
Pembakar lemak lipotropic merupakan salah satu diantara banyak pilihan yang tersedia untuk membantu menurunkan berat badan. Lipotropic merupakan senyawa penting yang berperan pada metabolisme penghancuran lemak dalam tubuh. Mereka mempercepat pengeluaran lemak atau menurunkan lemak yang tersimpan pada hati. Salah satu agen utama yang berguna dalam proses pencernaan lemak dalam tubuh adalah kolin. Pada dasarnya, kolin membantumembakar lemak yang tersimpan dalam tubuh dan juga membantu mengurangi berat badan serta menyehatkan fungsi hati.
Kelebihan lemak dapat pula mempengaruhi bagian lain dari tubuh seperti sistem getah bening. Pada saat sistem getah bening, cairan tubuh tidak akan mengalir dengan lancar akibat penumpukan lemak. Jika terjadi terlalu lama maka dapat mengakibatkan gangguan pada sistem getah bening Anda. Disinilah dimana pembakar lemak lipotropik bekerja dengan meningkatkan pengolahan cairan diseluruh tubuh, memberi Anda lebih banyak energi dan mencegah tubuh dari rasa lelah.
Dapatkan Pembakar Lemak Berkualitas Tinggi Di Sini!
Carb Blocker 
Carb blocker merupakan suplemen penurun berat badan yang paling menjanjikan saat ini. Apabila anda merupakan tipe yang gemar sekali ngemil, konsep tentang bagaimana carb blocker ini bekerja pasti akan memuaskan anda. Carb blocker merupakan kategori produk penurun berat badan yang dapat membantu menurunkan jumlah kalori yang memasuki tubuh anda. Suplemen ini terbuat dari bahan-bahan alami yang diambil dari ekstrak white kidney bean.
Carb blocker pada umumnya bersifat lebih sebagai pencegah dan tidak memiliki pengaruh langsung bagi lemak yang tersimpan. Suplemen ini sangat tepat dikonsumsi jika Anda merupakan tipe orang yang sulit untuk tidak mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi seperti pasta, kue tar, es krim, maupun roti.
Fat Blockers
Tidak jauh berbeda dengan carb blocker yang berfungsi mengurangi penyerapan karbohidrat dari makanan, fat blocker bekerja dengan cara mengikat lemak dari makanan yang Anda konsumsi. Fat blocker terbuat dari chitosan, yaitu merupakan polimer polisakarida yang terbentuk dari sebuah homopolymer dari modifikasi glukosa kitin yang berasal dari rangka luar dari jenis hewan kerang-kerangan seperti udang, lobster, kepiting, jamur, arthropoda dan invertebrata laut lainnya.
Secara khusus, chitosan merupakan serat tidak tercerna yang mirip dengan yang biasa kita temukan pada selulosa sayuran dan kulit luar dari gandum utuh. Namun pada kasus ini, tidak seperti serat yang lain, serat pada chitosan mengandung muatan ion positif. Sifatnya yang unik ini, membuatnya mampu mengikat lemak. Hal ini dikarenakan lipid, lemak dan asam empedu mengandung muatan negatif sehingga secara alami akan saling tarik menarik.
Itulah beberapa jenis suplemen pembakar lemak atau penurun berat badan yang banyak beredar di sekitar Anda. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi Anda sebelum menggunakan suplemen pembakar lemak, agar aman bagi kesehatan Anda.
Source : Dunia Fitnes