Membuat Recent Comment di Blog

recent comment
Sudah lama sekali saya tidak menulis tentang tutorial blog, kali ini saya akan mencoba memberikan satu lagi penjelasan tentang cara membuat recent post di blog. Sebenarnya tutorial ini jadul dan sudah banyak beredar di internet, tapi apa salahnya jika saya tulis kembali. Recent comment atau komentar terbaru adalah sebuah fungsi untuk menampilkan komentar terbaru secara real-time pada blog kita. Jadi jika ada pengunjung yang berkomentar di postingan kita maka kita bisa langsung tahu dan bisa langsung untuk menanggapinya. Cara ini sangat berguna bagi blog yang sering mendapat komentar.

Sebenarnya ada cara lain untuk mengetahui komentar masuk yaitu dengan fasilitas pemberitahuan komentar via email yang disediakan oleh blogger. Namun cara ini kurang efektif karena kita harus selalu login ke email untuk mengeceknya. Tunggu apa lagi, langsung saja pada langkah-langkah pembuatannya :
  1. Masuk ke blogger dengan akun anda.
  2. Kemudian pilih halaman tata letak (Layout)
  3. Pilih elemen laman >> pilih add a gadget (tambah gadget)
  4. Kemudian pilih HTML/Javascript
  5. Copy paste code di bawah ini
    <div style="overflow: auto;width: 200px;height: 300px; text-align: left; ">
    <script style="text/javascript" src="http://www.geocities.com/oom_directory/recentcomments.txt"></script><script style="text/javascript">var numcomments = 5;var showcommentdate = true;var showposttitle = true;var numchars = 100;var standardstyling = true;</script><script src="http://creatingwebsite-maskolis.blogspot.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=showrecentcomments"></script>
    </div>
    Keterangan :
    Widht:200px; adalah lebar dari kotak recent comment, boleh dirubah sesuai selera masing-masing;
    Height:300px; adalah tinggi kotak recent comment, boleh juga dirubah sesuai selera masing-masing;
    Angka “5 adalah jumlah komentar yang akan tampil pada kotak recent comment, ini juga boleh dirubah sesuai selera masing-masing;
    URL Blog Saya harus diganti dengan URL blog Anda.
  6.  Terakhir yang mesti anda lakukan ada simpan atau save
Berhubungan saya lagi buru-buru saya akhiri dulu tutorial membuat recent comment ini, sangat sederhana hanya untuk mengisi waktu istirahat makan siang. Lain kali kita sambung lagi dengan tutorial baru dengan tema yang baru pula. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.