Membuat file Robots.txt di Worspress

Robot yang satu ini bukan robot yang bisa bergerak sendiri dengan menggunakan mesin, tapi robot ini adalah file yang diperlukan oleh sebuah blog agar bisa terindeks dengan cepat oleh search engine. Namanya Robot.txt, dengan adanya robots.txt search engine seperti Google akan lebih mudah mengindex blog Anda. Robots.txt merupakan informasi bagi search engine mengenai directry mana yang boleh diakses atau tidak. Selain itu, dengan robots.txt kita bisa memblock search engine agar tidak mengakses blog kita.

Membuat robots.txt di blog wordpress dengan selft hosting tidaklah susah. Anda bisa membuat robots.txt dengan sebuah text editor misalnya Notepad. Setelah itu disimpan dengan ekstensi .txt, file robots.txt tersebut kemudian mesti di upload ke directory public_html pada webhosting. Namun, cara membuat robots.txt dengan notepad dan menguploadnya sendiri ke web hosting mungkin cukup sulit dilakukan oleh sebagian orang. Untuk itu, agar lebih mudah dalam membuat robots.txt, Anda bisa menggunakan sebuah plugins wordpress. Nama plugins tersebut adalah KB Robots.txt.

Untuk membuat robots.txt pada blog wordpress.org pertama-tama Anda mesti menginstall plugin KB Robots.txt terlebih dahulu. Berikut caranya:
  1. Pada Dashboard blog Anda klik Plugins » Add New Plugins
  2. Di kotak pencarian plugins, ketik KB Robots.txt dan klik search


  3. Kemudian klik install pada KB-Robots.txt yang muncul pada halaman hasil cari tadi.


  4. Klik install Now pada jendela instalasi yang muncul.

  5. Setelah selesai menginstall plugin, klik tulisan Activate Plugins untuk mengaktifkan plugins.
Poses instalasi plugins KB Robots.txt telah selesai. Kini saatnya Anda memasukkan kode robots.txt melalui setting plugins tersebut. Untuk itu ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Masih pada dashboard blog, klik menu Setting » KB Robots.txt.
  2. Selanjutnya, ketik kode berikut pada editor yang ada pada jendela setting:
    User-agent: *
    Disallow: /cgi-bin
    Disallow: /wp-admin
    Disallow: /wp-includes
    Disallow: /wp-content
    User-agent: Mediapartners-Google
    Allow: /
    User-agent: Adsbot-Google
    Allow: /
    User-agent: Googlebot-Image
    Allow: /
    User-agent: Googlebot-Mobile
    Allow: /
    Sitemap: http://www.helmiikhwanul.co.cc/sitemap.xml
    Untuk sitemap sengaja saya gunakan http://www.helmiikhwanul.co.cc karena blog ini yang memakai fasilitas dari Wordpress.org, silahkan Anda ganti dengan sitemap blog Anda. Misalkan http://www.namadomain.com/sitemap.xml. Jika belum mempunyai sitemap, silahkan baca panduan membuat sitemap untuk search engine yang telah saya post sebelumnya.
  3. Terakhir klik tombol Submit untuk menyimpan robots.txt Anda.


Sekian tutorial cara membuat robots.txt pada blog wordpress. Semoga bermanfaat. Jika Anda ingin menambahkan silahkan ajukan pada kotak komentar.