Membuat Album Foto pada WordPress CMS dengan Plugin NextGEN Gallery

WordPress CMS memang bukan blog biasa. Menurut saya dia sudah mulai bisa mengejar kompleksitas website dinamis yang standart (website yang bukan hanya sekedar sebuah blog). Bahkan, tidak terlalu kalah jauh dengan CMS lain yang saat ini sangat terkenal (Joomla, Drupal, dll). Sistem yang ada pada WordPress CMS bukan hanya sekedar untuk menulis posting, tapi lebih dari itu.

Keunggulan yang tidak dimiliki oleh Blogspot tersebut dikarenakan developing (pengembangan) plugin yang juga sangat maju pada WordPress. Beberapa tutorial penggunaan plugin WordPress CMS yang telah saya berikan juga telah menunjukkan hal tersebut. Nah, kali ini ada 2 plugin lagi yang bisa kita gunakan untuk menambahkan fitur-fitur yang juga umum dipakai pada website lainnya, yaitu Album Foto dan Forum. Pada bagian ini akan saya mulai dengan pembuatan Album Foto. Plugin WordPress yang akan kita gunakan adalah NextGEN Gallery. Langkah-langkahnya adalah :
  1. Download Plugin NextGEN Gallery terlebih dahulu.
  2. Instal plugin tersebut pada WordPress Anda.
  3. Jika plugin sudah di aktivasi, maka pada dashboard akan terlihat menu tambahan bernama Gallery.
  4. Taksonomi foto pada WordPress menggunakan plugin ini terdiri atas 3 bagian seperti digambarkan di bawah ini:

    album foto 1 Membuat Album Foto pada Wordpress CMS dengan Plugin NextGEN Gallery

  5. Sebelum menambahkan foto ke dalam website, kita perlu membuat nama “gallery” dari foto yang akan kita masukkan. Untuk itu,klik link “Add Gallery/Images” pada bagian “Gallery”. Tuliskan nama gallery baru dari foto yang akan kita masukkan pada kotak isian “New Gallery”.

    album foto 2 Membuat Album Foto pada Wordpress CMS dengan Plugin NextGEN Gallery

  6. Ada tiga (3) cara untuk memasukkan foto.
    • Upload a Zip-File, yaitu memasukkan foto dengan jumlah yang banyak sekaligus namun harus dikelompokkan dan dikompres ke dalam sebuah file .zip. Klik tab “Upload a Zip-File” pada halaman penambahan gallery (Langkah 5). Dibagian “Select Zip-File”, klik tombol Browse untuk memilih foto-foto yang telah dikelompokkan dan dikompres ke dalam .zip tersebut dari komputer. Kemudian dibagian “in to”, pilih Gellery dimana foto-foto tersebut akan tersimpan. Setelah itu klik tombol Start Upload.

      album foto 3 Membuat Album Foto pada Wordpress CMS dengan Plugin NextGEN Gallery

    • Import image folder, yaitu mengimport foto yang telah ada di dalam hosting website kita. Klik tab “Import image folder”, kemudian tuliskan path folder foto (tempat dimana folder foto berada) yang akan diimport sebagai foto.

      album foto 4 Membuat Album Foto pada Wordpress CMS dengan Plugin NextGEN Gallery

    • Upload Image, yaitu mengupload foto satu per satu (secara tunggal) ke dalam gallery foto yang kita tentukan. Klik tab “Upload Images”, kemudian klik tombol Browse untuk memilih foto yang akan diupload dari komputer. Dibagian “In to”, pilih gallery dimana foto tersebut akan diupload.

      album foto 5 Membuat Album Foto pada Wordpress CMS dengan Plugin NextGEN Gallery

  7. Kita bisa melihat dan mengatur gallery yang telah ada melalui menu “Manage Gallery” yang ada di bagian “Gallery”.

    album foto 6 Membuat Album Foto pada Wordpress CMS dengan Plugin NextGEN Gallery

  8. Kita juga bisa membuat album dari foto-foto yang telah kita masukkan. Sesuai dengan taksonomi yang ada pada Langkah 4 di atas, kita bisa mengelompokkan beberapa gallery foto ke dalam sebuah album. Tujuannya sebenarnya untuk mempermudah pengelolaan dan memudahkan menampilkannya pada halaman website. Silahkan klik menu “Album” pada bagian “Gallery”.
  9. Selanjutnya, kita buat sebuah Album baru, misalnya saya beri nama “April 2010”. Maka pada bagian “Add new album”, tuliskan “April 2010”, kemudian klik tombol “Add” yang ada disampingnya (seperti yang dilingkari hitam).

    album foto 7 Membuat Album Foto pada Wordpress CMS dengan Plugin NextGEN Gallery

  10. Langkah selanjutnya adalah mengelompokkan gallery foto ke dalam Album April 2010 tersebut. Pastikan pada bagian Select Album, yang terpilih adalah “April 2010”. Kemudian, pindahkan beberapa gallery yang ingin dikelompokkan ke dalam album tersebut dengan cara mengdrag satu persatu dari kolom “Select Gellery” ke kolom Album April 2010. Setelah itu klik tombol “Update”.

    album foto 8 Membuat Album Foto pada Wordpress CMS dengan Plugin NextGEN Gallery

  11. Untuk menampilkan foto-foto tersebut ke dalam front site, kita bisa melakukannya dengan menampilkan pada page baru. Buatlah sebuah page dengan mengklik menu “Add New” pada bagian “Pages”. Beri nama “Album Foto”.
  12. Pastikan pilih tab “Visual”. Pada tools box kotak pengisian page tersebut, terdapat tombol “Add NextGEN Gallery” yang dilingkari merah pada di bawah.

    album foto 9 Membuat Album Foto pada Wordpress CMS dengan Plugin NextGEN Gallery

    Klik tombol tersebut, maka akan muncul popup window untuk memilih Album, Gallery, atau Foto yang akan kita tampilkan. Sebagai contoh, kita akan menampilkan foto-foto yang telah dikelompokkan ke dalam Album April 2010 tadi. Untuk itu, pilih tab “Album”, kemudian pilih Album April 2010. Setelah itu, klik tombol Insert.

    album foto 10 Membuat Album Foto pada Wordpress CMS dengan Plugin NextGEN Gallery

  13. Maka pada kotak isian page tersebut akan muncul sebuah tag yang berfungsi untuk menampilkan Album April 2010.

    album foto 11 Membuat Album Foto pada Wordpress CMS dengan Plugin NextGEN Gallery

  14. Id=3” menunjukkan Album yang ditampilkan adalah album dengan ID = 3, yang dalam hal ini adalah Album April 2010. Sedankan “template=compact” berarti Album akan ditampilkan dalam bentuk “compact”. Untuk melihat perbedaannya, silahkan coba menampilkan album dengan mode template yang berbeda, baik Compact maupun Extended. Hasilnya akan terlihat seperti Gambar berikut:

    album foto 12 Membuat Album Foto pada Wordpress CMS dengan Plugin NextGEN Gallery