Cara Mendaftarkan Blog ke Search Engine

Blog terkenal dan dapat diindeks di semua search engine adalah tujuan dari para pengguna blog atau website. Siapa yang tidak kenal dengan search engine Google, Yahoo, Bing. 3 search engine diatas yang harus anda fokuskan untuk promosi blog. Dari statistik, saat ini Google adalah search engine yang paling banyak digunakan orang untuk mencari kata kunci atau keyword.

Dalam tulisan ini saya tidak akan menjelaskan secara detail bagaimana cara mengoptimalkannya, tapi anda akan saya jelaskan tentang bagaimana cara melakukan promosi blog ke Google, Yahoo dan Bing.

I. Cara daftar ke Google 
Bisa dibilang Google adalah rajanya Search Engine, saya sangat menyarankan anda untuk mendaftarkan blog anda pertama kali di Google.
Untuk cara mendaftarnya arahkan ke http://www.google.com/addurl atau klik disini. Pada halaman formulir pendaftaran, isi alamat blog anda dan beri komentar sesuai tema blog sanda kemudian klik tombol Add Url.
google
II. Cara Daftar ke Yahoo 
Untuk mendaftarkan blog anda ke Yahoo, syaratnya harus sudah punya account Yahoo terlebih dahulu. Kalau anda sudah punya account di Yahoo, silahkan tuju halaman http://siteexplorer.search.yahoo.com/submit atau langsung saja klik disini. Kemudian untuk mengisi formulir pendaftarannya, perhatikan dua kolom isian yang di sediakan oleh Yahoo.

Kolom yang pertama anda bisa isikan alamat Website atau Blog anda, seperti ini contohnya :
Kolom yang kedua anda bisa isikan alamat sitemap anda, contoh :
Kemudian klik Submit.
yahoo

III. Cara Daftar ke Bing
Search Engine bing cukup lumayan banyak dipergunakan orang sebagai mesin pencari, jadi saya sarankan sebisa anda daftarkan juga blog anda ke bing.  Silahkan tuju halaman http://www.bing.com/docs/submit.aspx?FORM=WSDD2 atau langsung saja klik disini. Kemudian pada halaman formulir, isi kode verifikasi dan anda diminta memasukkan alamat blog anda.
bing 
Silahkan dicoba, semoga blog anda segera terindeks di Google, Yahoo dan Bing. Sekian dari saya dan semoga dapat bermanfaat.