Alexa dan Tips Meningkatkan Rank Alexa

Saya akan kembali lagi mengulas tentang tips atau cara-cara meningkatkan Alexa Rank, kebetulan saya lagi seneng nulis tentang alexa. Menurut artikel yang saya baca ketika browsing di beberapa situs, kalau kita semakin banyak nulis tentang Alexa maka Rank Alexa-nya bisa meningkat. Baik, langsung saja ke prolognya, Alexa Traffic Rank didasarkan pada 3 bulan jumlah traffic pengunaan situs oleh semua pengguna Alexa Toolbar dan dari berbagai sumber data traffic, serta kombinasi dari jumlah pengunjung dan pageviews, dua faktor inilah yang dijadikan dasar utama menentukan Alexa Traffic Rank.

Dengan terpasangnya alexa toolbar pada browser yang kita pakai, maka Alexa akan mengetahui berapakah jumlah pengunjung serta pageviews (jumlah halaman yang di lihat) pada website atau blog. Setelah data terkumpul maka mesin alexa akan secara otomatis membuat ranking atau peringkat pada website atau blog tersebut. Jadi, rank dari sebuah situs merupakan cerminan dari jumlah orang yang mengunjungi situs tersebut dan jumlah halaman yang di dilihat oleh mereka.Pernah dengar istilah Alexa Rank? Saya yakin sebagian dari Anda sudah sangat mengenal yang namanya Alexa Rank. Google Pagerank dan Alexa Rank selalu menjadi sesuatu yang dikejar-kejar oleh para Blogger atau pun Webmaster. Apa lagi jika blog mereka memang ditujukan untuk menghasilkan uang, Alexa Rank ini sangatlah berpengaruh. Namun bila Anda belum mengenal Apa itu Alexa Rank atau belum paham betul, artikel berikut mungkin akan membantu Anda.

Secara umum, Alexa Rank adalah Ranking Traffic Blog Anda. Semakin banyak traffic, semakin bagus Alexa Rank Blog Anda.

alexa rank

Alexa Rank atau Peringkat Alexa yang paling bagus adalah dengan nilai atau rank 1. Semakin kecil nilai peringkat alexa, maka kualitas peringkat tersebut semakin baik. Hal ini berbanding terbalik dengan Google Page Rank karena di Google Page Rank semakin nilainya maka akan semakin bagus, dimana peringkat tertingginya adalah 10.

Bagi anda yang menjadikan blog atau situs sebagai lahan penghasilan, Alexa Rank merupakan suatu hal yang sangat penting selain Google Page Rank. Ini karena sawah ladang tempat mencari uang di dunia internet seperti Teks Link ads, Sponsored Review, ReviewMe, ask2link, BuySellAds, ReviewMe, dan beberapa tempat lainnya menjadikan Alexa Rank sebagai pedoman. Semakin tinggi rank blog kita, maka semakin banyak pula para advertiser yang ingin memasang iklan.
Alexa Traffic Rank:
The traffic rank is based on three months of aggregated historical traffic data from millions of Alexa Toolbar users and is a combined measure of page views and users (reach). As a first step, Alexa computes the reach and number of page views for all sites on the Web on a daily basis.
The main Alexa traffic rank is based on the geometric mean of these two quantities averaged over time (so that the rank of a site reflects both the number of users who visit that site as well as the number of pages on the site viewed by those users).

Mengapa Alexa penting ? 

Jawabannya, karena ada beberapa website layanan iklan komersil yang memberikan syarat ranking Alexa dalam batasan tertentu. ReviewMe, Text Link Ads dan Sponsored Reviews adalah 3 diantaranya dan masih banyak lagi. Jikapun kita tidak berkeinginan menggunakan layanan iklan komersil atau tidak ingin menjadikan blog kita sebagai monetize blog, peningkatan ranking Alexa bisa dipandang sebagai upaya untuk melakukan sedikit optimasi yang bisa bermanfaat bagi kwalitas blog.

5 Tips Untuk Meningkatkan Ranking Alexa

1.  Alexa Traffic

Langkah yang paling dasar : Get lot of site traffic! Karena ide awal dari Alexa rank adalah untuk menentukan website mana yang memiliki traffic paling banyak dengan asumsi, banyak traffic = lebih populer. Yup, Alexa pada dasarnya adalah ranking popularistas suatu website.

2.  Alexa Toolbar

Menggunakan browser yang terinstall toolbar Alexa bisa meningkatkan ranking website Anda. Sebenarnya bukan hanya website saja, setiap website yang dikunjungi browser yang terinstall toolbar Alexa juga mendapat “nilai” yang akan diperhitungkan dalam ranking. Setelah itu, bukankah pengunjung pasti dari website Anda adalah diri anda sendiri? So, kalau browser sudah terinstall toolbar, maka penambahan pointranking akan terjadi secara otomatis! Nah, toolbar Alexa tersebut bisa di install melalui link berikut :

3.  Alexa Widget

Pasang Alexa site stat widget di websitemu. Alexa site stat ini mengandung javascript yang mengantarkan setiap data pengunjung (ping) ke server Alexa sehingga statistik Alexa menjadi lebih akurat. Scriptnya bisa diambil di sini. Tinggal copy paste. Tidak perlu malu pasang Alexa widget yang besar, untuk mencapai hasil yang diinginkan tentunya ada harga yang harus dibayarkan? Siapa sangka dulunya ranking 3 jutaan sekarang ranking 300 ribuan?

4.  Alexa Redirection

Gunakan Alexa redirection setiap berkunjung ke websitemu. Formatnya seperti berikut:
http://redirect.alexa.com/redirect?creatingwebsite-maskolis.blogspot.com
Ganti creatingwebsite-maskolis.blogspot.com dengan URL websitemu. Alexa Redirection sudah tidak berfungsi lagi. Setiap loading page dengan link ini akan muncul pesan 404.
404 Not Found
The requested URL /redirect was not found on this server.
5.  Alexa Blog/Content

Tulislah sesuatu tentang Alexa di blogmu. Webmaster dan Blogger akan sangat senang dan cara-cara seperti itu untuk meningkatkan ranking Alexa. Ya… mungkin seperti yang Anda baca sekarang ini. Gimana, apa temen-temen semua tertarik dengan tips diatas? Buruan nulis tentang Alexa sebanyak-banyaknya, atau copy aja artikel ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.