Memasang Google CSE di Bawah Posting Blog

Temen-temen blogger tentunya sudah tidak asing lagi dengan Google CSE yang merupakan tempat pencarian berdasarkan keyword yang diinginkan untuk menghasilkan pencarian yang Optimal yang sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan. Pada postingan ini akan membahas cara pemasangan Google CSE yang di tampilkan di bawah postingan, yang hasilnya nanti akan seperti gambar di bawah ini :
Google CSE maskolis


Jadi ketika kita membuka judul posting maka Google CSE ini akan tampil dibawah label dan menampilkan hasil pencarian dari keyword yang sesuai dengan label pada postingan. Seperti itulah kira kira, untuk contoh hasilnya yang telah di pasang Autofill Google CSE ini bisa lihat disini, Silahkan klik salah satu postingannya dan anda lihat pada bagian atas komentar atau dibawah label. Anda akan melihat tampilan Google CSE di bawah posting, ya karena ini memang blog demo jadi saya pasang berbagai macam kode HTML untuk praktik termasuk AutoFill Google CSE.

Script yang digunakan ini merupakan Script Autofill Google AJAX Search API CSE yang setelah saya coba coba akhirnya bisa juga di pasang. langsung saja pada proses pemasangannya :
  1. Masuk Dashboard >> Rancangan >> Edit HTML >> Expand Widget Templates
  2. Cari kode seperti ini <b:includable id='comments' var='post'>
  3. Masukan Script di bawah ini tepat dibawah kode di atas.
    <script src='http://www.google.com/jsapi'/>
    <script type='text/javascript'>
    google.load(&#39;search&#39;, &#39;1&#39;);
    function OnLoad() {
    var customSearchControl = new google.search.CustomSearchControl(&#39;ID-CSE-bloganda&#39;);
    customSearchControl.draw(&#39;content&#39;);
    customSearchControl.execute(&#39;<b:if cond='data:post.labels'><b:loop values='data:post.labels' var='label'><data:label.name/><b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'> OR </b:if></b:loop></b:if>&#39;);}
    google.setOnLoadCallback(OnLoad);
    </script>
    <div id='content'>Loading...</div>
  4. Ganti ID-CSE-bloganda dengan ID Google CSE Blogger kanmu. Pastikan blogger sudah mendaftar terlebih dahulu di google Cost0m Search Engine untuk bisa mendapatkan ID dari google CSE. 
  5. Jika sudah silahkan di save.
Pemasangan Google CSE di bawah postingan sudah selesai, jika anda mau autofill berdasarkan title postigan blog, anda tinggal ganti kode:
<b:if cond='data:post.labels'><b:loop values='data:post.labels' var='label'><data:label.name/><b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'> OR </b:if></b:loop></b:if>
dengan kode berikut (untuk autofill CSE berdasarkan title postingan):
<b:if cond='data:post.title'><data:post.title/></b:if>
Selamat mencoba semoga berhasil.